• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Pemkab Sumenep Diimbau Berlakukan Tanggap Darurat Kekeringan

7 September
19:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kekeringan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur kian menjadi. Pemerintah setempat pun disarankan untuk memberlakukan status tanggap bencana agar mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo menanggapi permintaan bantuan air bersih dari pemerintah kabupaten Sumenep. Menurut dia, sejak awal terjadinya bencana kekeringan, pemeritah setempat sudah memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat setempat.

"Di Sumenep juga saya kira pemerintah daerah sudah melakukan droping air ke tempat yang terdampak kekeringan," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Sabtu (7/9/2019).

Namun demikian, lanjut dia, karena kekeringan disana sudah terjadi berkepanjangan, dan luas, maka hal yang sangat wajar kalau pemerintah Sumenep meminta bantuan pusat.

Untuk itu, dia pun mengimbau pemerintah Sumenep memberlakukan status tanggap darurat dan segera mengajukan permintaan bantuan kepada pihaknya secara resmi.

"Prosedurnya misalkan pemerintah Sumenep mengeluarkan pernyataan tanggap darurat sehingga bisa mengajukan dana siap pakai BNPB. Agar BNPB bisa membantu dana siap pakai," pungkasnya. (Foto: Antara/ Ilustrasi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00