• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Seni Gotong Sisingaan Asal Subang Terancam Punah

6 September
17:37 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Tergerusnya seni gotong Sisingaan, yang merupakan icon, dan ciri khas kesenian Subang, oleh seni gotong mamanukan, yang datang dari luar Kabupaten Subang, yang saat ini sudah mulai digandrungi masyarakat Subang pada saat hajatan. Sehingga hal itu membuat  Wakil Ketua DPRD Subang Sementara Elita Budiarti prihatin.

Kata Elita, agar seni gotong Sisingaan tidak punah, maka harus ada perhatian khusus dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk lebih fokus memperhatikan bagaimana cara untuk melestarikan seni gotong sisingaan agar tidak punah.

"Saya tidak habis pikir, mengapa seni gotong sisingaan tidak tergerus oleh seni gotong mamanukan dari Kabupaten Indramayu, padahal seni gotong sisingaan sudah menjadi icon dan ciri khas dari Subang, semua orang sudah tahu, yang menjadi saya prihatin masyarakat kita saat hajatan, khususnya pengantin sunat sudah beralih ke seni gotong mamanukan," ujar Elita kepada wartawan di Subang, Jum'at (6/9/2019).

Ia menegaskan, DPRD sendiri dalam waktu dekat sudah mulai berpikir membuat sebuah regulasi berupa perda, terkait untuk melindungi dan pembinaan terhadap seni gotong sisingaan agar tidak punah.

"Kita akan dorong sebuah perda, agar seni gotong sisingaan tidak punah, akibat tergerus oleh seni gotong mamanukan," imbihnya.

Lebih lanjut Elita menyebutkan, peran serta media massa pun sangat dibutuhkan dalam melestarikan seni gotong sisingaan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00