• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Ini Cara Selamatkan Diri Jika Ada Gempa Versi Tagana Aceh Tengah

6 September
15:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Sebanyak 10 personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) Aceh Tengah diterjunkan ke sejumlah sekolah di Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, oleh Dinas Sosial.

Pengerahan Tagana tersebut untuk memberikan penyuluhan kepada ratusan peserta didik di daerah bekas gempa bumi 2013 lalu.

Tagana Aceh Tengah Junaidi kepada RRI menyampaikan, dalam penyuluhan tersebut disampaikan pemahan tentang kebencanaan dan cara menyelamatkan diri.

“Yang wajib diketahui itu ya penyelamatan diri, itu perlu diketahui terlebih dahulu sama adik-adik kita. Contoh jika terjadi gempa, maka harus memberi perlindungan ke bagian kepala, karena di sekolah, maka tas bisa digunakan dan kursi juga bisa dimanfaatkan. Kemudian yang juga perlu diketahui jalur evakuasi,” ujar Tagana Aceh Tengah, Junaidi, Jumat (6/9/2019)

Sebelumya Tagana Aceh Tengah juga telah melaksanakan yang sama atau Tagana Masuk Sekolah (TMS) di Kecamatan Kute Panang.

Kegiatan penyuluhan diakhiri dengan simulasi bencana gempa bumi baik di sekolah lantai dasar maupun sekolah bertingkat.

Kepala Dinas Sosial Aceh Tengah Fachruddin mengungkapkan Tagana masuk sekolah adalah program dari Kementerian Sosial RI.

Pemerintah menyadari, bahwa Indonesia merupakan daerah yang kerap dilanda bencana, selain gempa bumi, banjir bandang dan angina puting beliung.

Untuk mengurangsi resiko, jelas Fakhruddin perlu adanya pengetahuan tentang kebencanaan yang diberikan kepada generasi muda.

“Dekade terakhir ini Indonesia terus dilanda bencana. Bisa membawa kerusakan harta benda dan menghilangkan nyawa. Untuk menghindari, itu perlu pemahaman, bencana itu apa saja, bagaimana cara mengatasi dan menghindarinya,” ujar Kepala Dinas Sosial Aceh Tengah Fakhruddin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00