• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Pakai Gelas, BPBD Malang Edukasi Guncangan Gempa ke Warga

6 September
13:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang : Gempa bumi yang belakangan kerap terjadi di Indonesia membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang melakukan edukasi kreatif menyikapi bencana alam ini. BPBD mengenalkan Gelas Warning System (GWS) dan Omplong Warning System (OWS) sebagai alat peraga edukasi untuk warga pesisir Kabupaten Malang.

Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiyono mengatakan, alat sederhana itu terbuat dari gelas atau kaleng kosong yang didalamnya diisi kelereng.

“Fungsi dari GWS dan OWS ini jika terjadi gempa bumi akan bergoyang, dan ketika goyangannya lebih keras, maka kelereng tersebut mengeluarkan suara keras,” ujarnya saat memberikan edukasi kreatif di Malang, Jumat (6/9/2019).

Ia menambahkan, melalui suara ini dapat menjadi sinyal agar warga segera keluar rumah untuk mencari tempat berlindung atau menjauh dari bibir pantai.

Dirinya menuturkan, selain murah alat yang dibutuhkan untuk membuat alat GWS dan OWS itu tidak sulit untuk dibuat sendiri.

“Namun alat EWS (Early Warning System) yang tetap kita butuhkan sebagai peringatan dini terjadinya gempa bumi. Pantai Malang Selatan adalah salah satu yang memiliki potensi terjadinya tsunami,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00