• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

4 Jemaah Haji Asal Subang Wafat di Tanah Suci

5 September
20:07 2019
2 Votes (5)

KBRN, Subang : Kepala Kantor Kementerian Agama Subang Abdurrohim mengungkapkan, sampai saat ini Jemaah Haji asal Subang yang meninggal dunia pada saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah Al-Mukaromah berjumlah 4 orang Jemaah Haji.

Keempat orang jemaah haji yang meninggal dunia itu yakni Hajjah Qoyum asal Patokbeusi yang tegabung dalam kelompok terbang (Kloter) 2 Subang atau Kloter 55 Jawa Barat. Kemudian sebelumnya Hajjah Icih asal Tambakdahan, Haji Ahmad Dimyati asal Patokbeusi dan Hajjah Kasem asal Sukasari, yang ketiganya tergabung dalam kloter 1 Subang atau kloter 18 Jawa Barat.

"Sampai sejauh ini, jemaah haji kita ada 4 orang yang meninggal dunia, 3 diantaranya jemaah haji yang tergabung di kloter 18, dan 1 orang lagi tergabung di kloter 55," ujar Abdurrohim kepada wartawan di Subang, Kamis (5/9/2019).

Sementara itu menurut Abdurrohim dengan meninggal 4 orang jemaah haji asal Subang itu, jemaah haji yang bisa pulang ke tanah suci dengan keadaan sehat wal afiat tinhhal 1.190 orang jemaah haji, dari 1.194 jemaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah dalam 3 kloter, yang sebelumnya berjumlah 1.196 orang jemaah haji, 2 orang diantaranya gagal diberangkatkan karena sakit.

"Jadi jemaah haji asal Subang yang jumlah totalnya 1.196 orang, 2 orang gagal diberangkatkan karena sakit, 4 orang meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah, jadi seluruhnya yang pulang ke Tanah Air berjumlah 1.190 orang jemaah haji," jelasnya.

Keempat orang jemaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah itu kata Abdurrohim, semuanya dikarenakan sakit dan faktor usia, terlebih pada saat pelaksanaan Ibadah haji kemarin, hingga saat ini cuaca di Arab Saudi masih dalam kondisi ekstrim.

"Penyebab keempat jemaah haji kita yang meninggal dunia itu dikarenakan sakit, serta faktor kelelahan dan faktor usia, apalagi cuaca di Arab Saudi hingga hari ini dikabarkan masih dalam komdisi ekstrim," tegas Ansuurohim.

Ia menambahkan, untuk jemaah haji yang tergabung dalam kloter 88 jawa barat atau kloter 3 Subang, yang saat ini masih berada di Tanah Suci Mekkah, baru akan dipulangkan ke Tanah Air pada 11 September 2019 Rabu pekan depan, dan dikabarkan dalam kondisi sehat wal afiat serta dalam keadaan utuh.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00