• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Korem 061 Surya Kancana Bogor Ciptakan Inovasi Rumah Pengering

5 September
15:52 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bogor : Korem 061 Surya Kancana Bogor melakukan gagasan dan terobosan dalam dunia teknologi Pertanian dengan menciptakan rumah pengering.

Teknologi rumah pengering itu merupakan cara untuk meningkatkan produksi pertanian dari petani.

Komandan Korem 061 Surya Kancana Bogor Kolonel Inf Novi Helmi mengungkapkan ide menciptakan rumah pengering karena kawasan yang dibawahinya merupakan curah hujan tinggi sehingga petani kerap kesulitan menghasilkan padi berkualitas.

Untuk itu TNI bersama sejumlah pihak berupaya menciptakan teknologi ramah lingkungan untuk membantu mengeringkan gabah hasil panen yang masih mengandung banyak air.

“ Rumah pengering ini untuk membantu petani mengeringkan gabah hasil panen untuk dapat meningkatkan hasil produk," ungkapnya, Kamis, (5/9/2019).

Salah seorang pengurus rumah pengering Suganda mengungkapkan petani dapat memasukkan 5 ton gabah kering ke ruangan berbentuk rumah berukuran 20 kali 160 meter persegi.

Masa pengeringan gabah hasil panen itu berkisar 4 sampai 5 hari sehingga dapat menghemat waktu pengeringan pada waktu normal yang berkisar sepekan.

Nantinya Korem 061 Surya Kancana mendistribusikan rumah pengering itu ke teritorial Bogor, Sukabumi dan Cianjur sehingga ketahanan pangan tetap terjaga untuk menciptakan keamanan nasional.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00