• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Partisipasi Politik Perempuan Pemilu 2019 Meningkat

30 August
17:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini menyampaikan bahwa jumlah caleg perempuan DPR RI yang terpilih mengalami peningkatan.

"Berdasarkan hasil sengketa persilihan hasil pemilu (PHPU) legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk Pemilu DPR RI tidak ada yang dikabulkan, maka perolehan suara pun tidak ada yang berubah. Hal serupa juga berlaku untuk pemilihan anggota DPD," jelasnya kepada RRI, Jumat (30/8/2019).

Titi mengatakan berdasarkan hasil sengketa persilihan hasil pemilu (PHPU) legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk Pemilu DPR RI tidak ada yang dikabulkan, maka perolehan suara tidak ada yang berubah. 

"Di tengah kondisi tidak adanya perubahan pengaturan mengenai kebijakan kuota pencalonan 30 persen perempuan dalam daftar calon, angka keterwakilan perempuan di Pemilu 2019 meningkat dan tertinggi dari empat pemilu sebelumnya," ujar Titi. 

Titi menyatakan sudah tercatat sebanyak 118 orang caleg perempuan yang terpilih untuk DPR RI. Jumlah tersebut setara dengan 20,5 persen dari 575 kursi DPR RI.

"Jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya, kenaikan angka keterpilihan perempuan di Pemilu 2019 tidak terlalu signifikan. Hanya bertambah 21 kursi dari Pemilu 2014 lalu yang jumlah keterpilihannya sebanyak 97 orang perempuan," ungkapnya.

"Sebagian besar perempuan yang terpilih adalah yang menempati nomor urut 1 dan 2. Di nomor urut 1 terdapat 57 perempuan yang terpilih dari 235 DCT perempuan yang ditempatkan pada nomor urut 1," tambahnya.

Sementara itu, angka keterpilihan perempuan di DPD adalah sebesar 30,9 persen atau sebanyak 42 perempuan berhasil menduduki kursi anggota DPD. 

"Beberapa dari daerah itu antara lain, Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Provinsi Sumatera Selatan, menjadi satu-satunya provinsi yang mampu mengantarkan wakilnya di DPD perempuan seluruhnya, sedangkan dua di antaranya dengan jumlah 3 orang perempuan DPD terpilih di Provinsi Jawa Tengah dan Maluku," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00