• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

KPU Buleleng Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten pada Pemilu 2019

30 August
11:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng gelar evaluasi pencalonan anggota DPRD Kabupaten Buleleng pada Pemilu tahun 2019. Dalam evaluasi yang dilaksanakan di kawasan Lovina, Kamis (29/8/2019) siang, tidak sedikit kritik dan saran yang disampaikan para undangan yang hadir dari beberapa partai politik, Polres, Kodim 1609/Buleleng, Wakil Bawaslu dan Wakil Ketua PWI Buleleng, MMDP, Dinas Kesehatan, Ketua KNPI dan sejumlah akademisi di Buleleng.

Selaku akademisi, Gede Made Metera mengapresiasi evaluasi pencalonan anggota DPRD Buleleng pada Pemilu 2019 yang dilaksanakan KPU Buleleng. Hasil evaluasi ini nantinya diharapkan untuk menindaklanjuti dan memperbaiki seluruh proses dari awal tahapan pemilu hingga sampai pada pencalonan anggota dewan yang berkualitas.

Untuk mewujudkan pencalonan anggota dewan yang berkualitas, menurut Made Metera sebelumnya harus ada seleksi ketat di masing-masing partai politik.

“Buatkan aturannya sehingga yang diseleksi bisa menyiapkan diri. Kalau sudah awalnya bagus, inputnya bagus, prosesnya bagus, kita bisa berharap mendapatkan hasil yang bagus,” ungkapnya

Made Metera menambahkan, bilamana hasil evaluasi ini tidak bisa diselesaikan di tingkat kabupaten, diharapkan agar KPU Buleleng menyampaikan ke KPU Pusat untuk melakukan perubahan, mengingat beberapa masukan dalam evaluasi dimaksud, tidak sedikit diataranya berkaitan dengan regulasi termasuk seleksi untuk pencalonan anggota dewan dalam pemilu mendatang.

Sementara itu, Ketua KNPI Kabupaten Buleleng, Putu Gede Parma mengapresiasi kineja KPU Buleleng. Terhadap berbagai masukan melalui evaluasi ini mungkin bisa dipergunakan sebagai nbahan acuan dan bekal persiapan menghadapi kegiatan yang sama di masa mendatang dengan hasil yang lebih baik dibanding sebelumnya. Sebagai Ketua KNPI Kabupaten Buleleng, Putu Gede Parma berharap kepada KPU Buleleng dan partai politik agar kedepan unsur kepemudaan bisa dilibatkan sebagai bagian input dari calon legislator.

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana mengatakan, pihaknya tetap berupaya akan menindaklanjuti segala bentuk saran dan masukan dari hasil pelaksanaan evaluasi pencalonan anggota DPRD Buleleng pada Pemilu tahun 2019. Sedangkan berkaitan dengan perubahan, menurut Dudhi, kewenangan seutuhnya ada di tingkat pusat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00