• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Inilah Tips Membeli Smartphone Harga Rp 3 Jutaan Agar Tak Salah Pilih

30 August
05:44 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Smartphone di era ini sudah masuk ke dalam kebutuhan primer. Dibandingkan ketinggalan dompet di rumah, ketinggalan ponsel bisa jadi permasalahan yang lebih besar. Tak hanya karena ponsel merupakan alat komunikasi yang padat informasi, tapi kini ponsel menjadi teman dalam segala keperluan. Sebut saja dari aplikasi keuangan, transportasi, hingga media sosial, semua terangkum dalam genggaman smartphone.

Harga smartphone juga sudah sangat beragam, dari harga satu jutaan hingga belasan juta. Setiap tahunnya, selalu ada versi baru yang diluncurkan dengan variasi fitur yang menarik. Tak heran, jika kita merasa bingung saat memilihnya. Apalagi jika budget yang dimiliki tidak begitu besar,
seperti rilis yang diterima RRI, Jumat (30/8/2019).

Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan terlebih dahulu. Jangan sampai, kita membeli smartphone hanya karena tren saja. Jangan sampai kita membeli ponsel yang  sebenarnya fiturnya tidak kita butuhkan. Tentu kita tidak mau membuang uang begitu saja kan?

Setidaknya adalah 11 hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum mengocek kantong untuk membeli ponsel baru. Apa saja itu?

1. Berapa budget-nya?

Langkah pertama tentunya menjadi poin yang mendasar. Kita harus menentukan budget terlebih dahulu, berapa rupiah yang kamu alokasikan untuk membeli smartphone?

Jika sudah mengetahu kisarannya, kita bisa lebih bijak dalam menentukan ponsel mana yang sekiranya tidak mengganggu cashflow kita. Jangan terlalu memaksakan kehendak jika memang tidak ada dananya.

Untuk membeli ponsel pintar untuk kebutuhan sehari-hari, kamu sudah bisa mendapatkannya dengan kisaran harga Rp 3 jutaan. Dengan harga tersebut, beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk sehari-hari seperti aplikasi transportasi, media sosial, bahkan game favoritmu sudah bisa didapatkan.

2. Apa fitur yang dibutuhkan?

Sebelum berbicara mengenai spesifikasi smartphone. Pastikan dulu untuk mengetahui fitur apa yang sering digunakan. Apakah kita lebih sering foto selfie dibandingkan main game, ataukah sebaliknya? Hal ini akan sangat memengaruhi keputusan dalam memilih ponsel.

Kita juga bisa mendapatkan fitur yang lengkap dengan harga Rp 3 jutaan. Misalnya saja pada ponsel Vivo S1 yang dibandrol dengan harga Rp 3,6 juta. Vivo S1 hadir dengan tiga kamera belakang berukuran 16 MP bukaan f/1.8 wide, 8 MP bukaan f/2.2 ultrawide wide, dan 2 MP bukaan f/2.4 depth sensor. Kamera depannya pun berukuran 32 MP dengan bukaan f/2.0.

Tiga jenis kamera belakang bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan foto. Memanfaatkan momen-momen kebersamaan dengan sahabat dan keluarga pun menjadi lebih mudah karena ada fitur kamera ultrawide.

Lebih suka main game daripada berfoto ria? Vivo S1 dilengkapi Ultra Game Mode dengan fitur baru Game Countdown yang memberikan pengalaman main game lebih seru. Vivo S1 juga memiliki RAM 4 GB dengan media penyimpanan 128 GB yang cukup tangguh untuk digunakan bermain game. 

Jika sudah mengetahu fitur apa yang menjadi andalan, kita bisa lebih bijak dalam dalam memilah kebutuhan ponsel. Dengan harga Rp 3 jutaan, kita sudah bisa mendapatkan kepuasaan.

3.  Apakah desain ponsel menjadi prioritas?

Kita juga tidak bisa lepas dari kebutuhan visual. Desain dan penampakan ponsel bisa jadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Seperti apa desain yang diinginkan? Warna apa cocok untuk Anda?

Desain ponsel yang tren di tahun ini mengarah pada bentuk minimalis yang sleek. Perbedaannya mungkin cukup tipis. Perbedaan bisanya terletak pada lebar ponsel, dan penempatan kamera. Desain layar dengan adanya notch atau poni juga sedang banyak diminati. Notch yang digunakan untuk menaruh sensor, kamera depan, hingga speaker juga didesain semakin kecil sehingga terlihat sangat modern.

4. Berapa ukuran layarnya?

Selain desain, ukuran layar juga bisa menjadi pertimbangan. Untuk Anda yang menyukai layar besar, Vivo S1 hadir dengan ukuran 6,53 inci. Ponsel dengan harga di bawah Rp 4 juta ini juga memiliki panel Super AMOLED dengan resolusi Full HD Plus. Rasio layar yang besar juga memberikan kesan modern pada desainnya.  Semakin besar layar dan semakin tipis bezel, terlihat semakin kekinian dan harganya pun biasanya semakin mahal.

Pemilihan ukuran layar biasanya bergantung kebutuhan. Untuk bermain games, layar besar dapat memberi pengalaman yang lebih baik. Resolusi Full HD juga membuat gambar dan video terlihat lebih jernih.

5. Berapa RAM yang dibutuhkan?

Kembali lagi kepada spesifikasi yang dibutuhkan. RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory menentukan performa dari ponsel itu sendiri. Ukuran RAM akan memengaruhi kecepatan ponsel. Sudah menjadi rahasia umum jika ponsel yang lemot sangat menggaggu aktivitas sehari-hari.

Untuk ponsel di level mid-end, kita bisa mendapatkan ponsel dengan ukuran RAM 2-4 GB. Kami menyarankan untuk mencoba Viva S1 yang memiliki RAM berukuran 4 GB. Dengan harga ponsel Rp 3 jutaan, Anda ponsel ini cukup tangguh anti-lemot, sehingga aktivitas sehari-hati bisa berjalan lancar.

6.  Bagaimana kapasitas baterainya?

Hal yang tak kalah penting dari sebuah ponsel adalah kekuatan baterainya. Seperti yang sudah kita pahami bahwa kekuatan baterai akan sangat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Apalagi, sekarang kita cukup bergantung pada ponsel. Banyak aplikasi yang dibuka terus menerus, seperti aplikasi chat atau media sosial. 

Hal ini sangat bergantung pada kekuatan baterai. Jangan sampai kita harus bergantung pada power bank atau menjadi candu terhadap colokan hanya untuk men-charge smartphone.

Pilih baterai dengan kapasitas yang baik dan tahan lama. Anda bisa memilih deretan ponsel Vivo, salah satunya Vivo S1 yang berkapasitas 4500 mAh. Tak hanya kapasitasnya yang memadai di harga ponsel mid-end, Vivo S1 juga memiliki pengisian daya yang cukup cepat, yaitu 18 W.

Kecepatan pengisian baterai digadang-gadang menjadi salah satu tren ponsel yang semakin kompetitif di tahun 2019. Memasuki era yang serba cepat, sejumlah merek smartphone berjibaku memberikan fitur pengisian daya yang semakin cepat untuk mendukung aktivitas penggunanya yang padat.

7. Perlu kualitas lensa kamera seperti apa?

Untuk ponsel seharga Rp 3 jutaan, kualitas lensa kamera sudah banyak yang memadai. Tinggal bagaimana prioritas Anda terhadap foto yang diinginkan. Kini, kamera smartphone juga tak hanya terdiri dari dua lensa, tapi empat sekaligus. Seperti ponsel Vivo S1 yang dibekali tiga lensa kamera belakang, dengan spesifikasi wide, ultrawide, dan depth censor.

Bagi Anda yang senang selfie, perhatikan juga kamera di bagian depan. Beberapa ponsel menyediakan fitur kamera depan yang bisa membuat wajah terlihat lebih mulus. Bahkan, ada fitur edit foto atau filter yang akan menyempurnakannya. Jika itu menjadi prioritas Anda, pilih kamera depan dengan resolusi yang cukup. Di harga Rp 3 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan ponsel dengan kamera depan berukuran 32 MP seperti Vivo S1.

8. Berapa memorinya?

Selain kapasitas baterai, hal yang paling terasa pengaruhnya dalam dari sebuah ponsel adalah kapasitas memorinya. Apalagi, jika Anda hobi menjepret gambar atau mengunggah banyak aplikasi dalam ponsel. Memori ponsel akan cenderung cepat penuh. 

Khususnya untuk ponsel dengan resolusi tinggi, hasil jepretan kamera ponsel kini bisa mencapai lebih dari 5 MB. Semakin banyak menjepret foto, semakin banyak ruang memori yang termakan. Jangan sampai banyak momen yang tidak terdokumentasikan hanya karena kondisi memori yang pas-pasan.

Untuk itu, penting untuk memerhatikan kapasitas memori yang akan didapatkan. Kini, ponsel seharga Rp 3 jutaan sudah banyak yang dibekali memori lebih dari 100 GB. Pilih smartphone dengan memori minimal 32 GB agar Anda dapat menyimpan data dengan cukup.

9. Apa chipset dan GPU yang digunakan?

Poin yang satu ini mungkin tidak umum dilakukan untuk Anda yang masih awam di dunia spesifikasi smartphone. Peranan chipset atau prosesor sangat besar pada performa ponsel, khususnya bagi Anda yang suka bermain game atau mengunggah aplikasi yang cukup berat.

Ini juga bisa menjebak Anda dalam memilih ponsel dengan harga murah. Bisa saja ponsel dengan harga Rp 3 jutaan menawarkan kamera dengan resolusi tinggi atau desain yang modern, tapi prosesor yang digunakan tidaklah terlalu bagus.

Untuk Android, chipset tertinggi adapada Snapdragon. Anda bisa memilih ponsel dengan Snapdragon 700-800 untuk harga Rp 3 jutaan. Chipset Mediatek Helio juga cukup tangguh untuk digunakan sehari-hari. 

Selain chipset, kita juga harus memerhatikan GPU pada smartphone. Kapasitas GPU terlihat dari ketajaman gambar pada ponsel. Biasanya semakin tinggi kualitasnya, harganya memang semakin mahal. Di harga Rp 3 jutaan kita bisa mendapatkan ponsel Android dengan GPU Mali dan Adreno. Serinya ada bermacam-macam, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Seberapa penting kejernihan gambar pada ponsel Anda?

10. Sistem keamanannya seperti apa?

Percuma rasanya jika memiliki ponsel canggih tapi tidak didukung oleh sistem keamanan yang baik. Biasanya, kita mengunci ponsel dengan beberapa cara, mulai dari kode keamanan, pattern, hingga sidik jari atau finger print.
Kini dengan harga Rp 3 jutaan, kita sudah bisa mendapatkan ponsel dengan fitur kunci dengan sidik jari. Salah satunya adalah Vivo S1. Dengan teknologi Screen Touch ID, membuka ponsel menjadi lebih baik tapi tetap aman

11. Sudah melihat atau mendengar review secara langsung?

Poin terakhir bukan tentang spesifikasi ponsel, melainkan review langsung dari orang yang Anda percaya. Review dari mulut ke mulut tetap menjadi alasan terbesar seseorang untuk membeli sebuah produk. 

Anda bisa bertanya kepada kerabat tentang ponsel yang pernah digunakan. Pengalaman secara langsung dan jujur akan memberikan insight yang besar. Melihat review pada YouTuber juga bisa jadi pilihan. Pastikan mereka memberikan review yang jujur dan telah menggunakannya secara pribadi.

Dengan perkembangan zaman, ada banyak aplikasi yang kita unduh untuk mempermudah akvititas sehari-hari, untuk itu spesifikasi ponsel memberikan pengaruh yang besar. Aplikasi edit foto, video, perbankan, transportasi, game, hingga aplikasi untuk berbelanja ke pasar tradisional, kini tersedia untuk ponsel Anda.

Demikian 11 poin penting yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk membeli ponsel baru. Dengan harga Rp 3 jutaan, sejumlah fitur terbaik sudah bisa kita dapatkan. Semua kembali pada kebutuhan kita, mana yang kita prioritaskan untuk menjalani kegiatan harian dengan lebih mudah. (Rel)






tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00