• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Bekerja dengan Hati, drg. Ali Sundiharja, Dokter Gigi Terbaik

28 August
19:28 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sukabumi : Bekerja dengan hati menjadi salah satu kunci keberhasilan drg. Ali Sundiharja sebagai Dokter Gigi Praktik Mandiri terbaik di ajang penghargaan BPJS Kesehatan Award Tahun 2019.

"Dokter gigi itu harus dengan hati, karena angka kapitasi belum bisa mengcover semua. Ya kita harus sama-sama mengisi, karena kesehatan gigi juga salah satu yang terpenting. Ya tentunya saya juga harus memberikan yang terbaik," ungkap drg. Ali Sundiharja saat dikunjungi Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris di klinik tempatnya praktik di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (21/08/2019).

Keunggulan lain dokter gigi mitra BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi itu yakni kemudahan pasiennya melakukan pendaftaran tanpa harus mengunjungi lokasi praktik.

"Untuk pasien yang akan mendaftar bisa melalui telpon, SMS dan WhatsApp. Jadi pasien tidak perlu dateng langsung ke klinik, bisa atur dulu jadwal kedatangannya dari rumah, baik itu hari maupun jamnya."

"Kenapa atur jadwal itu penting ? Karena dokter gigi itu minimal sudah setengah jam. Jadi kalau pasien langsung dateng daftar dan nunggu pemeriksaan, akan lama menunggunya," tuturnya.

Layanan ini dapat diakses peserta JKN-KIS yang terdaftar di drg. Ali setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 11.00 WIB hingga 19.00 WIB. 

Capaian drg Ali lainnya yakni rasio rujukan yang terbilang kecil, yakni sebesar 11% per Juni 2019. Artinya, sebagian besar pelayanan gigi efektif terselesaikan tanpa harus dirujuk ke rumah sakit. 

Sementara dari sisi kepatuhan, drg. Ali menunjukkan bahwa pihaknya telah memenuhi 82% persyaratan yang ditetapkan regulasi, salah satunya kelengkapan Surat Izin Praktik (SIP) dokter gigi.

Tak hanya itu, drg. Ali juga telah mencapai nilai Walk Through Audit (WTA) lebih dari 85 dan telah melaksanakan program lain yang mendukung pelayanan JKN-KIS, seperti konsultasi kesehatan gigi gratis di luar jam pelayanan melalui WhatsApp, 

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengapresiasi langkah drg. Ali yang telah konsisten memberikan pelayanan terbaik dan  mempermudah pasien JKN-KIS dalam mengakses layanan kesehatan. 

"Harapan kami, ini bisa menjadi inspirasi bagi fasilitas kesehatan lainnya, khususnya praktik dokter gigi untuk senantiasa mengedapankan mutu layanan bagi peserta JKN-KIS,” ucapnya saat melihat langsung lokasi praktik dokter gigi tersebut.

Sementara itu Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Primer (JPKP) BPJS Kesehatan, Dwi Martiningsih menjelaskan pemilihan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) penerima penghargaan BPJS Kesehatan Award Tahun 2019 dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari seleksi seluruh FKTP yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, seleksi di tingkat Kantor Cabang, Kedeputian Wilayah, hingga tingkat pusat.

"FKTP yang lolos seleksi selanjutnya mendapat kunjungan dari tim juri eksekutif untuk menilai kondisi riil di lapangan," ungkapnya.

Adapun hal-hal yang menjadi kriteria penilaian FKTP, lanjut Dwi, meliputi pemenuhan SIP dokter/dokter gigi secara berkesinambungan, kepatuhan dalam klaim sesuai ketentuan, pemenuhan SIP bidan, pengelolaan Program Rujuk Balik (PRB), peningkatan hasil rekredensialing, kepatuhan dalam pelayanan tanpa urun biaya, peningkatan hasil WTA, capaian hasil KBK, dan rasio rujukan. 

Selain itu, kriteria penilaian juga mencakup desain atau penatalaksanaan ruang layanan peserta, inovasi FKTP (khususnya dalam sistem antrian dan sistem pelayanan), serta pemanfaatan teknologi atau digitalisasi dalam pengelolaan layanan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00