• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Riau Akan Bentuk Jajaran Ad Hoc

28 August
16:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, Bawaslu Provinsi Riau tengah mempersiapkan pembentukan perangkat pengawasan seperti Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) ad hoc (sementara).

Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan kepada Radio Republik Indonesia, Rabu (28/8/2019).

Dia menegaskan Panwaslu ad-hoc harus lebih dulu ada dibandingkan jajaran KPU ad hoc yang juga akan dibentuk KPU.

"Perlu diperhatikan adalah aturan masa kerja jajaran ad hoc, dimungkinkan untuk masa kerja selama 12 bulan, yang masih perlu didiskusikan, karena perhitungannya tahapan selesai sebelum 31 Desember 2020, maka masa kerja Panwascam bisa sampai 12 bulan, hal itu berkonsekuensi pada anggaran," ujarnya.

Rusidi Rusdan meminta rekrutmen jajaran pengawas ad hoc bisa menghasilkan yang memiliki kompetensi dan kapabilitas dalam menjalankan tugas pengawas kepemiluan.

Dia berharap, melalui proses evaluasi dapat diperoleh rekomendasi perbaikan dalam upaya peningkatan Panwaslu ad hoc.

"Saya juga meminta jajaran pengawas Pemilu berkomitmen untuk menjadikan lembaga pengawas Pemilu lebih baik sebab selama ini poin yang disoroti terkait manajemen persyaratan, proses seleksi dan kompetensi calon, disamping peningkatan kapabilitas dan kinerja kelembagaan serta kinerja individu dalam kaitannya dengan integritas," katanya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00