• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Pilkada 2020, Bawaslu Jabar Sebut Keikutsertaan Petahana Jadi Perhatian

28 August
11:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tasikmalaya : Hasil evaluasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, politik uang dan pemanfaatan kekuasaan peserta Pemilu, menjadi sorotan utama.

Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah Dahlan, usai menghadiri Refleksi Pemilu 2019 di Kota Tasikmalaya menjelaskan, dua poin tersebut merupakan poin penting yang kerap menjadi perhatian.

Hal tersebut lanjut Abdullah, juga menjadi perhatian Bawaslu pada Pilkada serentak di Jawa Barat yang akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang.

"Saat ini belum terlihat, namun sejumlah daerah seperti Kabupaten Tasikmalaya dan Depok yang Petahananya terlihat akan mencalonkan kembali, tentunya menjadi perhatian," kata Abdullah kepada Radio Republik Indonesia RRI, Rabu (28/8/2019).

Abdullah mengatakan, Petahana berpotensi memanfaatkan fasilitas yang ada untuk kepentingan selama tahapan Pilkada.

"Kan menjadi tidak adil, ketika kekuasaan dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Dan indikasinya selalu ada," jelasnya.

Sementara itu terkait persiapan menghadapi Pilkada serentak 2020, Bawaslu Jabar saat ini tengah melakukan berbagai persiapan, seperti rekruitmen petugas kecamatan.

"Kemarin kita ad hoc dan sekarang kita permanen, sehingga setelah yang kemarin selesai, saat ini kami melakukan seleksi lagi," ucapnya.

Ia juga menambahkan, Bawaslu juga mempersiapkan tekhnis dukungan termasuk anggaran, sebab anggaran Pilkada sepenuhnya dari daerah.

"Dukungan kota/ kabupaten penting. Pilkada akan sukses jika di dukung dengan optimal," pungkasnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00