• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Selesai Laksanakan Ibadah Haji, Jemaah Haji Tertua dari Bukittinggi Meninggal Dunia

26 August
21:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Setelah menyelesaikan ibadah haji dan pulang kembali ke tanah air bersama rombongan, Jamarun Bin Salam (89), jemaah haji tertua dari Bukittinggi, Senin (26/8/2019) meninggal dunia, di Rumah Sakit M. Djamil Padang.

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Tri Andriani Djusair mewakili segenap menyampaikan rasa duka, atas berpulangnya jamaah haji tertua dari Bukittinggi itu.

"Memang tiga hari sebelum berangkat dari Arab Saudi, kondisi kesehatan Almarhum, mulai menurun. Namun, dari tim kesehatan yang bertugas, kondisi Jamarun, masih layak terbang, sehingga Almarhum ikut bersama 269 jemaah Bukittinggj lainnya pulang ke tanah air dan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), sekitar pukul 02.30 WIB, Minggu 25 Agustus 2019 kemarin,” jelasnya.

Setelah sampai di BIM sambung Tri Andriani, Almarhum langsung dicek kesehatan di Asrama Haji Padang yang kemudian dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil. Setelah menjalani perawatan selama satu hari terakhir, kondisi beliau semakin menurun dan menghembuskan nafas terakhir, sekitar pukul 13.20 WIB.

"Innalillahi wa Inna ilaihi raajiuun. Kami turut berduka cita. Beliau dipanggil Allah setelah menunaikan ibadah haji, rukun Islam kelima. Menurut keluarga, ibadah hajiini memang sangat diidamkan oleh Almarhum selama hidupnya. Setelah selesai menunaikannya, ia pun dipanggil Allah SWT," ungkapnya.

Menurut informasi yang didapat Kemenag Bukittinggi, jenazah Almarhum akan dibawa ke rumah duka di Anak Aia Bukittinggi, Senin sore ini.

"Semoga Almarhum Husnul Khatimah, mendapat prediket Haji Mabrur dan segala ibadahnya diterima Allah SWT. Aaamiin Ya Rabbalalamin,” tukasnya.

Sementara itu anak almarhum Elni, mengatakan, selama melaksanakan ibadah haji kondisi kesehatan almarhum kurang sehat, dan tiga hari menjelang pulang badannya mengalami panas yang tinggi, sehingga dirawat dan di infus sebanyak dua buah, kemudian kondisinya berangsur pulih hingga berkemas untuk pulang kembali ke kampung halaman.

“Hingga naik pesawat kondisi almarhum masih sehat, walaupun tidak sekuat orang biasa, hingga sampai di Bandara Padang bersama seluruh rombongan jamaah haji Bukittinggi, dan melihat kondisi itu pihak keluarga memutuskan untuk membawanya ke Rumah Sakit M. Djamil Padang untuk cek kesehatan,” terangnya.

Elni menambahkan, sampai di Rumah Sakit M. Djamil sekira pukul 06.00 WIB pagi kemaren, langsung ditangani petugas medis, diambil sampel darah, di rontgen, dan masuk ruangan isolasi, hingga siang tadi jam 13.10 WIB beliau menghembuskan nafas terkahir, dan pada Selasa 27 Agustus 2019 besok almarhum akan dikebumikan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00