• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Gubernur Emil, Penyelenggaraan Pemilu Serentak Perlu Disempurnakan Lagi

26 August
20:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Ketua Pengadilan Negeri Bale Bandung Sihar Hamonangan Purba,SH.MH mengambil sumpah dan janji 50 anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat masa jabatan 2019-2014, di Hotel Mason Pine Padalarang Kabupaten Bandung Barat , Senin(26/88/2019).

Mereka yang dilantik merupakan anggota DPRD hasil pemilihan umum legislatif 2019, terdiri dari Partai Keadilan Sejahtera 8 kursi, PDI Perjuangan 7 kursi, Gerindra 7, Partai Golkar 5,  PKB 5, Partai Demokrat 5, PAN 5, Nasdem 4 dan PPP 4.

Dari 50 anggota dewan yang diresmikan itu 6 orang diantaranya merupakan perempuan, masing-masing 2 dari PKS, 1 PDIP, 1 Gerindra dan 2 Nasdem.

Acara pengambilan sumpah dan janji anggota dewan, berlangsung dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Bandung Barat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat periode  Ida Widaningsih.

Usai acara penandatanganan berita acara pengucapan sumpah dan janji seluruh anggota dewan baru, membacakan dan menandatangani fakta integritas, dilanjutkan dwngab penyerahan PIN dan SK Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat oleh Ketua PN Bale Bandung Sihar Hamonangan Purba.

Kemudian penyerahan pimpinan DPRD dari pimpinan lama Ida Widaningsih kepada  Pimpinan Sementara DPRD yakni Bagja Setiawan dari PKS dan Iwan Ridwan Setiawan dari PDIP.

“Amanat yang diberikan oleh pimpinan partai untuk mengemban tugas ini cukup berat, tetapi kami percaya Allah SWT senantiasa akan membimbing kami dengan petunjuknya.Tentunya dengan dukungan semua pihak khususnya rekan-rekan anggota dewan Bandung Barat,” ujar Bagja Setiawan dalam sambutannya.

Menurutnya, semua tugas itu akan dapat dilaksanakan dengan sebaik-sebaiknya dengan ijin Allah SWT.

“Saya mengajak semua anggota dewan untuk merumuskan dan menyusun agenda kegiatan yang akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, maupun agenda lainnya,” ujar Bagja.

Wakil Bupati Bandung Barat Henky Kurniawan pada kesempatan itu membacakan sambutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang antara lain mengatakan, pengambilan sumpah dan janji anggota dewan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah provinsi Jawa Barat atas dilantiknya bapak dan ibu sekalian sebagai anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat masa bakti 2019-2024. Selamat mengemban amanah secara jujur, adil serta penuh integritas,”ujarnya.

Emilpun bersyukur Pemilu  Serentak 2019 telah dilalui bersama, mengingat proses pemilu serentak ini cukup rumit dan baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia.

“Banyak catatan positif maupun catatan negatif yang menandakan perlu adanya penyempurnaan untuk penyelenggaraan Pemilu berikutnya, walaupun seluruh proses Pemilu dapat dilalui dengan baik,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00