• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Cuma Dua di Dunia, Jam Gadang Bukittinggi dan Big Ben London

26 August
04:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Semua pasti sudah kenal lekat dengan ikon Kota London, Inggris, yakni Menara Jam London dengan lonceng besar di dalamnya yang disebut Big Ben. Selesai dibangun pada 1858, hingga Agustus 2019, Big Ben sudah berusia 161 tahun, dan masih berfungsi dengan baik.

Jenis mesin jam raksasa sekarang tersisa dua di dunia ini. Pertama, mesin yang menggerakkan Big Ben di London, Inggris. Lalu di mana mesin yang kedua? Ternyata ada di Indonesia, tepatnya yang menggerakkan Jam Gadang di Sumatera Barat.

Jam Gadang merupakan ikon pariwisata Sumatera Barat yang dibangun pada 1926, terletak di Kota Bukittinggi. Menara ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang, atau dalam sebutan bahasa Minangkabau berarti "jam besar".

Selain sebagai pusat penanda Kota Bukittinggi, Jam Gadang yang telah berusia 93 tahun tersebut juga telah dijadikan sebagai objek wisata dengan diperluasnya taman di sekitar menara jam ini. Taman tersebut menjadi ruang interaksi masyarakat baik pada hari kerja maupun pada hari libur. Acara-acara yang sifatnya umum biasanya berlangsung di sekitar taman dekat menara.

Perawatan mesin Jam Gadang ternyata dilakukan oleh petugas khusus untuk memastikan terus berfungsi dengan berdentang setiap jam. Petugas juga sempat menunjukkan roda gigi yang terhubung ke mesin Jam Gadang, Minggu (25/8/2019).

Pergerakan roda gigi tersebut, nantinya akan menggerakkan jarum jam raksasa, sekaligus menyalakan bunyi dentang satu jam sekali.

Siapapun yang berkunjung ke Sumatera Barat, pastinya tak akan lupa mengunjungi Kota Bukittinggi untuk menyaksikan keindahan dan kemegahan Jam Gadang. Salah satunya adalah peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang singgah di Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (22/8/2019) lalu.

Mereka berswafoto di depan Jam Gadang kemudian berkeliling taman di bawahnya. Peserta SMN asal Kalimantan Selatan dalam program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN), mengunjungi sejumlah ikon wisata di Provinsi Sumatera Barat, seperti Jam Gadang dan Istana Basa Pagaruyung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00