• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Musim Kemarau, Desa Tugurejo Kediri Panen Kacang Tanah

26 August
04:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sejumlah daerah Indonesia diprediksikan bakal mengalami musim kemarau panjang hingga Oktober 2019. Sedangkan akibat kemarau sejak beberapa bulan lalu, banyak lahan pertanian di desa-desa mengalami kekeringan akibat kekurangan pasokan air.

Akan tetapi, bencana kekeringan akibat kemarau berkepanjangan selama beberapa bulan belakangan ini rupanya menjadi rejeki penggerak roda ekonomi rumah tangga bagi petani di Kediri, Jawa Timur.

Buruh tani area persawahan Desa Tugurejo, Kediri, Jawa Timur, melakukan panen kacang tanah, Minggu (25/8/2019).

Petani setempat menyatakan kacang tanah menjadi tanaman andalan saat musim kemarau karena tidak membutuhkan banyak air.

Bahkan dari segi kualitas, hasil panen kacang tanah saat musim kemarau seperti saat ini justru jauh lebih baik karena tanaman mereka minim serangan jamur.

Untuk diketahui, kacang tanah merupakan salah satu produk andalan Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kualitas kacang tanah Kediri sudah terkenal sejak lama. Bahkan mulai Oktober 2014 silam, PT Dua Kelinci sudah mengikat kerja sama dengan petani di beberapa kecamatan dalam hal alih teknologi dan pemasaran hasil produksi.

Dalam kunjungan pertamanya, PT Dua Kelinci langsung tertarik dengan produksi dan kualitas kacang tanah para petani. Hasil kacang tanah para petani dinilai sangat baik dan berkepala dua (jenis Tuban), sesuai dengan kualifikasi kacang tanah yang mereka butuhkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00