• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Kendalikan Hama Tanaman, Perbakin Kabupaten Solok Gelar Lomba Menembak Tupai

25 August
23:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kabupaten Solok : Untuk mengendalikan hama tanaman, Perbakin Kabupaten Solok, Minggu (25/8/2019), menggelar lomba menembak tupai, kegiatan yang juga dihadiri Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum itu, dilaksanakan di Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak.

Kegiatan Berburu Hama Tanaman Dengan Senapan Angin Cal 4,5 mm itu, dalam Rangka Memeriahkan HUT RI ke-74.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan, yang bertujuan untuk membersihkan hama tanaman masyarakat yaitu tupai yang selalu menjadi hama tanaman masyarakat Koto Sani.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, mengatakan, pada lomba menembak tersebut terdapat tiga aspek yang bisa menjadi pelajaran, yakni aspek sosial, dalam hal ini melihat bagaimana masyarakat bisa saling menjalin silahturahmi.

“Aspek ekonomi, terbantunya bidang pertanian yang bersih dari hama, dan aspek wisata, tentunya hal ini disamping dalam lomba juga menjadi event pariwisata,” ulasnya.

Dengan jumlah hasil buruan mencapai 1.360 ekor tupai sambung Fakhrizal, tentunya hal ini menjadi pencapaian yang bagus untuk para peserta.

Atas torehan prestasi tersebut, Kapolda Sumbar memberikan hadiah kepada peserta yang menjuarai perlombaan tersebut

Ketua Perbakin Kabupaten Solok AKBP Ferry Irawan, S.I.K, mengatakan, dasar kegiatan ini Undang-undang nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang diadakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74.

“Kegiatan ini ikut membantu para masyarakat petani dalam mengendalikan hama tanaman tikus, karena sudah dianggap merusak tanaman buah. Meningkatkan hasil produksi panen tanaman buah petani. Serta juga meningkatkan kunjungan Pariwisata Sumbar khususnya di Nagari Koto Sani Kec X Koto Singkarak Kabupaten Solok,” jelasnya.

Menurut Ferry Irawan, lokasi berburu hama tanaman tupai di wilayah Koto Sani, terbagi atas beberapa lokasi, diantaranya di Jorong Kasiak, Jorong Limo Niniak, Jorong Ujung Ladang, dan Jorong Padang Belimbing.

“Kategori lomba dan penilaian meliputi, peserta berburu terbanyak, kategori peserta terjauh, kategori hasil buruan terbanyak, serta menembak metal silluet,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.I.K, MH, yang juga Ketua Perbakin Solok Kota menyebutkan, kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi Kapolda Sumatera Barat dengan masyarakat dan penghobi atau komunitas senapan angin caliber 4,5 mm.

“Kegiatan ini diikuti oleh klub dan peserta dari Provinsi Sumatera Barat, meliputi Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, dan Kota Sawahlunto,” ulasnya.

Disamping itu juga hadir peserta dari Teluk Kuantan Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Sibolga Provinsi Sumatera Utara.

“Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Berburu Hama Tanaman Dengan Senapan Angin Cal 4,5 mm Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI ke-74 ini lebih kurang sebanyak 1000 orang,” sebutnya.

Pada kegiatan berburu hama tanaman dengan senapan angin Cal 4,5 mm ini sambung Dony Setiawan, Polres Solok Kota beserta jajaran hadir memberikan pelayanan publik prima kepada masyarakat Kenagarian Koto Sani, berupa pengobatan gratis, pelayanan SIM, SKCK, serta pelayanan laporan kehilangan.

Berkaitan dengan adanya giat pelayanan publik prima yang dilaksanakan oleh personil Polres Solok Kota dan jajaran, masyarakat Nagari Koto Sani merasa senang, terbantu dan apresiasi kepada Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.I.K, MH.

Masyarakat Nagari Koto Sani memberikan apresiasi atas dukungan dan perhatian Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal dan jajarannya, terhadap pengendalian Hama Tanaman Masyarakat dan Pelayanan Publik di Nagari Koto Sani. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00