• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ikut Karnaval HUT RI di Cilacap, 3 Siswi asal Papua jadi Perhatian

25 August
22:02 2019
2 Votes (3)

KBRN, Cilacap : Ada pemandangan menarik pada karnaval kendaraan hias HUT ke-74 RI tingkat Kabupaten Cilacap, Minggu (25/8/2019).

Tiga siswi mengenakan seragam putih abu-abu berjalan tenang di belakang mobil kontingen SMA N 3 Cilacap, mengenakan topi adat Papua, kain motif etnik Papua dan bendera merah putih.

Seraya melempar senyum ke setiap pengunjung yang memadati rute karnaval lalu dengan ramah melayani permintaan swafoto.

Mereka adalah siswi asli dari Provinsi Papua yang tengah menempuh pendidikan di SMA N 3 Cilacap dalam program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM).

“Kami membawa siswi asal Papua, sebagai bukti cinta kami pada tanah Papua sesama warga Indonesia. Mereka adalah siswa yang juga ingin belajar bersama di Cilacap, saudara sebangsa dan setanah air melalui program ADEM. Ini adalah program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak Papua dan Papua Barat terbaik serta daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) lainnya untuk belajar di pulau Jawa dan Bali. Silakan bapak ibu pengunjung yang ingin mendokumentasikan siswa-siswi kami asal Papua” demikian penjelasan Haryati Majiasih, guru SMA N 3 Cilacap melalui pengeras suara dari mobil pawai.

Pemaparan ini mengundang haru sekaligus antusias para pengunjung yang langsung mengerumuni untuk meminta swafoto ketiga siswi, masing-masing  Bernadeta Marice Ndiken (Merauke), Mailan Lilita Yumame (Maybret) dan Febriyanti K.(Waropen).

Wakil Kepala SMA N 3 Cilacap bidang Humas Son Haji dalam keterangannya menyebutkan pihaknya mengangkat tema Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan dalam keikutsertaaan karnaval kali ini.

“Karena SDM pendidikan mengangkat kebersamaan antara Jawa dan Luar Jawa. Kejadian terbaru di Papua mengundang keprihatinan semua anak bangsa membuat kami perlu membawa serta anak-anak didik kami yang dari Papua dalam karnaval ini. Semoga ini turut meredam dan menjadi bukti bahwa kami cinta Papua” ujarnya.

Bernadetta sendiri mengaku senang bisa ikut terlibat dalam karnaval yang baru pertama kali ia ikuti.

“Senang sekali ikut kegiatan karnaval. Saya juga nyaman, enak sekolah di Jawa karena punya banyak teman” katanya.

Terpisah Ketua Umum Panitia HUT ke-74 RI Kabupaten Cilacap Supriyanto menyatakan peserta karnaval sejumlah 113 peserta, melibatkn 235 unit kendaraan dengan 1.410 personel, terdiri dari kategori sekolah dan perguruan tinggi, BUMN/BUMD dan perusahaan, serta Organisasi Perangkat Deerah (OPD).

“Jumlah ini meningkat tajam dari tahun sebelumnya sejumlah 94 peserta” imbuhnya.

Peserta dilepas di tempat start di Jalan Setiabudi, selanjutnya menempuh rute Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Gatot Subroto, Jl. S. Parman, Jl. Jend. Sudirman, dan finish di lapangan eks-Batalyon 405/Cilacap.

Panggung kehormatan Bupati Tatto Suwarto Pamuji beserta Forkopimda dan Kepala OPD ditempatkan di Jl. S. Parman.

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Afrizal Aziz

    Redaktur Pro 3 RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00