• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Antisipasi Rebutan Air Kodim 0605 Subang Libatkan Babinsa Patroli Pintu Air

25 August
20:07 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Kodim 0605 Subang libatkan seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk melakukan patroli sejumlah pintu air, guna mengantisipasi rebutan air antar petani.

Dandim 0605 Subang Letkol (Arh) Edi Maryono mengatakan, musim kemarau yang panjang ini, berdampak terhadap pasokan air ke lahan pertanian, sehingga berpotensi terjadinya rebutan air antar petani, yang bisa menimbulakan tindakan kriminalitas.

"Musim kemarau yang panjang ini, berdampak terhadap pasokan air ke areal sawah yang ditanami padi, agar tidak terjadi rebutan air antar petani, kita libatkan Babinsa untuk berpatroli di pintu air," ujar Letkol Edi kepada wartawan di Subang, Minggu (25/8/2019).

Dengan dilibatkannya seluruh Babinsa dalam patroli pintu air itu, Babinsa mengatur sekaligus mengawal gilir giring air ke areal sawah secara bergantian, sehingga pembagian air bisa merata.

"Tanpa kita kawal, rebutan air dipastikam terjadi, keberadaan anggota kita disana untuk membagi air agar merata, sekaligus mencegah terjadinya rebutan air diantara petani," tegasnya.

Patroli pintu air ini kata Edi, dipastikan berlangsung selama musim kemarau, hingga musim penghujan tiba.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00