• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

270 Jamaah Haji Bukittinggi Tiba di Kampung Halaman, 1 Orang Masih Dirawat di Makkah

25 August
19:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Ratusan warga kota Bukittinggi, menyambut haru kepulangan jamaah haji kota Bukittinggi, yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) sembilan Debarkasi Padang, di depan Rumah Dinas Wali Kota, Kelurahan Belakang Balok, Minggu (25/8/2019).

Jamaah haji disambut langsung oleh Wali Kota Bukittinggi, Anggota DPRD, Ibra Yasser, Sekda Yuen Karnova, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para keluarga jamaah haji.

Plt Kepala Kantor Kementrian Agama Bukittinggi, Zulfikar, menjelaskan, jumlah jamaah haji kota Bukittinggi yang berangkat sebanyak 271 orang. Saat pulang ke tanah air, 1 orang jemaah mengalami sakit dan harus dirawat di Makkah. Selanjutnya satu orang jamaah lagi juga mengalami sakit namun sudah pulang ke tanah air bersama rombongan.

"Saat ini satu jamaah masih tinggal di Makkah karena sakit atas nama Efinar Sukai Ahmad, perempuan usia 62 tahun. Sedangkan yang sakit di Padang atas nama Jamarun Bin Salam laki-laki usia 89, jamaah tertua Bukittinggi yang kini telah dirujuk ke RS. M. Djamil Padang. Selebihnya 269 jamaah haji dalam keadaan sehat dan selamat tiba di Bukittinggi," jelasnya.

Menurut Zulfikar, jamaah haji kota Bukittinggi tergabung dalam kloter 9 debarkasi Padang dengan jumlah 384 orang, bersama jamaah haji dari kota Sawahlunto dan kota Padang. Jumlah jamaah Bukittinggi laki-laki 109 orang dan perempuan 162 orang.

“Jamaah Haji Embarkasi Padang diterbangkan dalam 18 kloter, 1 Kloter terdiri dari 388 jamaah haji dan 5 (lima) orang petugas. Kloter IX (Sembilan) Debarkasi Padang ini tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang pada hari Minggu tanggal 25 Agustus 2019 dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER, pada pukul  03.15 WIB dari Bandara King Abdul Aziz,” terangnya.

Zulfikar menambahkan, jumlah jamaah haji Embarkasi Padang Tahun 2019 M/1440 H yang menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci berjumlah 7.001 orang. Dengan rincian Provinsi Sumatera Barat 4.993 orang, Provinsi Bengkulu 1.918 orang, dan Petugas Kloter 90 orang.

“Sampai saat ini sesuai dengan informasi yang diterima dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI, jumlah jamaah haji Embarkasi Padang yang meninggal di Arab Saudi sebanyak 14 orang,” tukasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias, menyampaikan, selamat datang kembali ke kampung halaman, bagi para jamaah haji kota Bukittinggi.

"Alhamdulillah semua yang pulang dalam keadaan sehat. Kita doakan bersama semoga jamaah haji Bukittinggi secara keseluruhan mendapat haji yang mabrur," ungkapnya.

Terkait jamaah haji yang mengalami sakit sambung M. Ramlan Nurmatias, Pemerintah Kota Bukittinggi mendoakan, agar keduanya dapat segera pulih, dan satu orang yang masih berada di Makkah dapat kembali dengan selamat ke Bukittinggi.

“Pemerintah Kota Bukittinggi akan mengadakan acara penyambutan secara resmi kepulangan jamaah haji ini, pada tanggal 2 September 2019 mendatang,” tutupnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00