• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Gubernur Kalbar akan Ajak Investor Tanam Durian Skala Industri

25 August
17:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 selain untuk mengamankan varietas durian asli Kalimantan Barat, sekaligus untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa durian lokal jauh lebih unggul dari durian luar. Setelah ada kecintaan terhadap kebun durian lokal  sangat mungkin Pemerintah akan mengupayakan  untuk mengajak investor menanam durian pada skala industri yang dapat mencapai ribuan hektar.

“Untuk itu supaya mereka mudah  investasi  kita perlu data daerah-daerah mana yang bagus ditanam durian, tidak semua tanah bisa ditanami durian , itu yang harus kita informasikan  kepada mereka harus data-data  itu yang paling penting, durian jenis ini produktivitasnya per pohon sekian, kemudian kalau ditangani secara industri bisa sekian dan sebagainya”, ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji  saat pengumuman pemenang Kontes durian  di Halaman Mall terbesar di Pontianak, Minggu (25/8/2019).

Gubernur mengatakan jika penanaman durian skala industri dapat direalisasikan, tentu lokal tidak mungkin mampu menampung sehingga perlu diekspor ke negara lain, dimana pelabuhan Kijing kedepan sudah disiapkan. Bahkan Sutarmidji menyarankan penanaman durian di desa-desa sekitar pelabuhan, diantaranya di Kunyit Kabupaten Mempawa yang juga ada varietas unggul durian, sehingga tanahnya cocok untuk pengembangan durian.  Selain itu ada juga daerah Punggur Kabupaten Kubu Raya yang dapat dikembangkan jenis durian yang varietasnya unggul, diantaranya dagingnya tebal, biji kecil dan tahan lama. 

“Saya selaku Gubernur sangat konsen terhadap ini, karena durian ini kan tanamannya bisa tahan sampai 100 tahun masih produktif," ujarnya.

Khusus untuk Balaikarangan Kabupaten Kabupaten Sanggau yang mendominasi Fastival Durian Bumi Khatulistiwa 2019,  dapat dijadikan sentra durian Kalbar, jika perlu dibangun Laboratorium untuk pengembangan durian, termasuk menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas tanjungpura (Untan) Pontianak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00