• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Siming Nawang Asal Sanggau Kalbar, Juara I Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019

25 August
17:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Sliming Nawang  dari Desa Sebungkuh Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau akhirnya keluar sebagai juara Pertama Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 Provinsi Kalimantan Barat, dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 50 juta. 

Juara kedua dan ketiga, masing-masing ditempati Walujan Tijing  dari Parit Serong Kecamatan Telok Pakedai  Kabupaten Kubu Raya dan M. Made (Yohanes) Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau dengan mendapatkan uang pembinaan Rp 20 juta dan Rp10 juta. 

Sedangkan juara harapan I, 2 dan 3 masing-masing diraih Yanti dari Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, Meizon Fernando (Dedi)  Sekayam Kabupaten Sanggau dan Lukas  dari Kecamtan Kembayan Kabupaten Sanggau dengan uang pembinaan masing-masing Rp3.500.000,00, Rp3.000.000,00 dan Rp2.500.000,00.

Mewakili Juara Pertama Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, Darius Wawang asal Kecamatan Kembayan kepada awak media seusai menerima hadiah di Halaman Mall Terbesar Pontianak, Minggu (25/8/2019) mengaku senang sekaligus bangga durian dari daerahnya keluar sebagai juara pertama  dan menjadi durian terbaik di Kalimantan Barat.

“Jenis durian kunyit, memang buahnya sekarang agak lumayanlah sekitar 100 biji, ini punya Marjo dengan Madun, kunyit warna kuning, ada tanggal di sana terganutung musim, kalau cuaca bagus  lumayanlah ada yang seratus buah satu pohon, biasanya memang khusus untuk pejabat-pejabat, ndak bisa jualnya”, ungkapnya.

Senada hal itu diungkapkan peraih juara Kedua Festival Durian Bumi khatulistiwa Walujan Tijing  dari Parit Serong Kecamatan Telok Pakedai  Kabupaten Kubu Raya yang menyatakan bahwa durian Pal juga paling dicari dan digemari para tamu.

“Durian pal itu sangat terkendal, pal sembilan khususnya itu memang asli disana, juri saya kira rasa semuanpun suka, makanya kemarin itu habis semua druriannya”, ujarnya.

Walujan Tijing  mengaku Festival durian ini merupakan langkah positif bagi pemilik kebun durian, sehingga diharapkan kedepannya pemerintah terus melakukan promosi baik melalui internet, spanduk, billboard  untuk menarik wisatawan mencicipi durian di Kalbar. Walujan optimis durian miliknya mampu bersaing dengan durian yang terkenal asal Malaysia yaitu Musang King.

“saya kira mengingat di daerah Pal sekarang mulai dada pengembangan perumahan, sudah seharusnya jenis atau varietas durian yang bagus segera dipindahkan untuk meregenarasikan  sekaligus mengamankan varietas durian asli  Kalbar”, tambahnya. (Hermanta).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00