• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Lakukan Hal ini Jika Digigit Ular

25 August
17:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kadis Kesehatan Provinsi Maluku, Dr Ike Ponto mengatakan apabila seseorang ketika digigit ular yang berbisa disarankan untuk tetap tenang dan jangan panik, karena misalnya panik kemudian lari maka dapat membahayakan diri sendiri.

"Kita harus bersikap tenang, diupayakan meminimalisir jangan membuat gerakan artinya jangan panik kalau semakin banyak gerakan itu peredaran darahnya semakin lancar dan akhirnya bisa mempercepat reaksi gigitan itu sendiri," jelasnya kepada Pro3 RRI, Minggu (25/8/2019).

Ike menyarankan untuk membuat posisi tubuh, keposisi bagian tubuh yang digigit itu lebih rendah, jadi kalau misalnya di tangan, tangannya itu jangan di angkat tapi lebih direndahkan, kemudian bersihkan gigitan ular itu dengan kain kering, jadi dikeringkan, jadi jangan menggunakan air, karena takutnya air itu bisa menyebabkan infeksi.

Kemudian pakaian-pakaian itu dikeluarkan agar nafasnya bisa berjalan lancar kemudian segera mencari bantuan yang terdekat.

"Kami tidak menganjurkan untuk ditahan berjam-jam saat digigit ular, harus secepat mungkin pasien tadi, ketika melakukan langkah-langkah tadi, sesegera mungkin mendapatkan pertolongan di fasilitas pelyanan kesehatan," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00