• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Anggaran LPSK untuk Tahun 2020 Semakin Menurun

25 August
14:42 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Alokasi anggaran Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan tahun 2020 sebesar 54 miliar sebanyak 42 miliar dikunci kementerian keuangan untuk pembayaran gaji pegawai dan operasional kantor tersisa 12 miliar atau program perlindungan saksi dan korban.

Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo mengungkapkan angka 12 miliar dari pengalaman lpsk hanya dapat membiayai program perlindungan saksi dan korban selama 3 bulan artinya dalam 8 bulan kemudian ia terpaksa tutup mata atas kebutuhan saksi dan korban pada situasi yang mengancam jiwa mereka pemberian bantuan medis dan lainnya.

"Kemungkinannya di tahun 2020 LPSK tidak lagi dapat memberikan perlindungan fisik kepada saksi tindak pidana korupsi yang terancam keselamatan jiwanya, tidak dapat memberikan bantuan medis sesaat setelah peristiwa kepada korban terorisme, tidak dapat memberikan rehabilitasi medis dan psikologis kepada korban pelanggaran HAM berat, serta tidak bisa memberikan pemulihan kepada korban kekerasan seksual," katanya di Jakarta, Minggu (25/8/2019).

Selain itu, lanjut Hasto, di tahun 2020 LPSK juga dikhawatirkan tidak dapat melaksanakan mandat UU pemberantasan terorisme untuk membayarkan kompensasi kepada korban terorisme masa lalu yang dibatasi pelaksanaannya 3 tahun sejak UU tersebut disahkan. Berdasarkan catatan sementara BNPT atau 833 korban terorisme masa lalu yang berhak atas kompensasi dapat memprediksi pembayaran kompensasi.

Untuk korban terorisme masa lalu itu sebesar 51 miliar belum lagi kewajiban koperasi kepada korban terorisme pasca UU tersebut disahkan misalnya dalam kasus terorisme Sibolga diprediksi jumlah kompensasi sebesar 4,4 Miliar untuk 156 korban.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00