• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pemprov Sultra Usulkan Teluk Pasarwajo Jadi Pusat Rally Sail Indonesia

25 August
13:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Buton : Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan segera mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia agar tahun 2021 Teluk Pasarwajo di Kabupaten Buton menjadi pusat atau entry point terakhir peserta Rally Sail Indonesia, yang disebut Sail Buton 2021.

Hal itu disampaikan Gubernur Sultra, Ali Mazi saat menghadiri puncak acara Festival Pesona Budaya Tua Buton ke-7 tahun 2019 di Buton, yang turut dihadiri ratusan wisatawan dari berbagai negara, Sabtu (24/8/2019).

Ali Mazi mengungkapkan, usulan itu bukan tanpa alasan, sebab selama pelaksanaan Festival Pesona Budaya Tua Buton yang digelar tiap tahun oleh Pemkab Buton pada pertengahan Agustus, selalu dihadiri ratusan peserta Rally Sail Wonderful Indonesia dari berbagai negara.

“Karena itu Pemerintah Sulawesi Tenggara akan segera mengajukan usul kepada Presiden  sebagaimana permohonan yang diajukan Bupati Buton, bahwa tahun 2021 Teluk Pasarwajo menjadi pusat atau entry point terakhir peserta Rally Sail Indonesia, yang disebut dengan Sail Buton 2021,”ujar Ali Mazi

Disamping itu, kata Ali Mazi, usul penetapan Sail Buton 2021, juga berkaitan dengan percepatan mewujudkan Wakotobi untuk menjadi 10 destinasi Bali baru, yang harus terintegrasi dengan daerah dan kawasan di sekitarnya yang ada di Sultra.

Ia mengungkapkan, untuk mendukung Teluk Pasarwajo menjadi entry point terakhir peserta Rally Sail Indonesia, maka pada 2020, Pemprov Sultra bersama Pemkab Buton akan segera menyiapkan infrastruktur yang memadai, terutama pelabuhan marina atau pelabuhan wisata untuk titik labuh kapal serta floating deck atau dek mengambang.

“Kita juga akan meningkatkan kualitas atraksi budaya dan akan melakukan perbaikan dan pengembangan kawasan destinasi dan fasilitas pendukungnya, serta mengembangkan SDM sadar wisata,” tambahnya.

Ali Mazi juga mengaku sudah memerintahkan OPD terkait di lingkup Pemprov Sultra untuk mendampingi Dinas Pariwisata Kabupaten Buton dalam mewujudkan impian Teluk Pasarwajo, menjadi kawasan pariwisata, bergandengan dengan kawasan ikan tangkap tradisional yang bernuansa wisata.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00