• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Selain Bajakah Ada 70 Spesies Tanaman di Kalteng yang Digunakan Obati Kanker

25 August
09:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Badan Litbang Kesehatan beberapa tahun lalu pernah melakukan Riset Tanaman Obat dan Jamu di Kalimantan Tengah. Hasil yang ditemukan saat itu, ada sekitar 300 jenis tanaman yang dijadikan obat oleh masyarakat lokal.

Peneliti pada Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Badan Litbang Kesehatan, Mujahid, mengatakan dari total 300 spesies tanaman tersebut sekitar 70 diantaranya digunakan untuk pengobatan kanker.

“Dan kalau Bajakah berhasil (diteliti), mungkin saja yang ke 70 itu bisa jadi. Karena peluang pengembangan obat tradisional obat-obat baru itu sangat luar biasa dengan Indonesia yang memiliki biodiversitas yang sangat luar biasa,” ujarnya pada Minggu (25/8/2019).

Lebih lanjut dikatakan Mujahid, dalam Riset Tanaman Obat dan Jamu saat itu juga didata 4 sampai 5 macam Bajakah untuk pengobatan tradisional. Namun saat itu belum muncul indikasi Bajakah yang dijadikan obat kanker.

Bajakah yang didata Badan Litbang Kesehatan saat itu digunakan masyarakat untuk mengobati sakit perut, liver dan lain-lain.

Menurut Mujahid, penelitian dan pengembangan tanaman obat untuk dijadikan obat tradisional harus didukung oleh pemerintah daerah-masing.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00