• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Perkenalkan Wisata Priangan Timur, 600 Orang Gowes Tasikmalaya-Pangandaran

25 August
08:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tasikmalaya : Sebanyak 600 pesepeda dari pulau Jawa, Bali, Manado, dan Balikpapan, ikuti Gowes Kemerdekaan di Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (24/8/2019).

Event sepeda ini, mengambil rute Tasikmalaya - Pangandaran dengan jarak tempuh sekitar 100 kilometer.

Titik awal pemberangkatan gowes sepeda, dimulai dari Markas Komando Distrik Militer (Kodin) 0612/ Tasikmalaya, pada pukul 05.30 WIB.

Pelepasan peserta gowes kemerdekaan dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jendral (Letjen) TNI Tatang Sulaiman. Para pesepeda ontel berpakaian adat melakukan melakukan start pertama dan memimpin rombongan sepeda lainnya.

Rute yang akan dilewati pesepeda ini adalah Jalan Manonjaya-Cineam, Jalan Cineam-Banjar, Jalan Banjarsari, dan Jalan Pangandaran-Banjar. Setidaknya, ada lima wilayah yang akan dilewati, mulai dari Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, dan berakhir di Pantai Timur Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Tatang menjelaskan, kegiatan ini masih merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia. Seluruh elemen, mulai dari TNI/Polri, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga komunitas dan masyarakat pecinta olahraga sepeda, ikut serta dalam kegiatan itu. 

"Tujuannya ya agar sehat. Mendapatkan manusia unggul itu kan harus sehat," kata Tatang kepada Radio Republik IndonesiA RRI, Minggu (25/8/2019).

Selain memperingati kemerdekaan Indonesia kata Tatang, Gowes Kemerdekaan juga secara tidak langsung memperkenalkan potensi di masing-masing wilayah yang dilalui.

"Mungkin ada orang yang belum tahu Pangandaran, Ciamis, sekarang jadi kenal. Ini juga jadi promosi wisata bagi pemerintah daerah," imbuhnya.

Apalagi, Ia menambahkan, Kabupaten Pangandaran juga merupakan wilayah yang saat ini didorong menjadi destinasi wisata. Termasuk, Kota Tasikamalaya yang juga terkenal sebagai sentra produksi kerajinan.

"Acara ini tentunya menjadi relevan dilaksanakan di wilayah Priangan Timur karena sekaligus menjadi ajang promosi," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pindad (Persero), sebagai penyelenggara kegiatan tersebut, Abraham Mose mengatakan, Gowes Kemerdekaan awalnya dilaksanakan untuk meningkatkan silaturahim antara TNI/Polri, BUMN, dan masyarakat. Kegiatan ini, kata dia, merupakan yang keempat kalinya, setelah dua kali di Kota Bandung, satu kali menempuh rute Bandung-Sumedang, dan kali ini Tasikmalaya-Pangandaran.

"Sekaligus ingin mengembangkan potensi wisata dan budaya daerah. Selain kita bisa berolahraga bersama, tentu mengangkat dan lebih mengenal budaya lokal," jelasnya.

Rute Tasikmalaya-Pangandaran lanjut Abraham dipilih, melihat potensi wisata dan budaya yang tersimpan di sepanjang wilayah yang dilalui. Ini yang menjadi nilai lebih bagi peserta, berolahraga sambil menikmati indahnya Priangan Timur.

"Selanjutkan kami akan cari jalur lain, konsepnya mengangkat budaya lokal melalui olahraga sepeda," pungkasnya.



 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00