• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

RRI, Museum Seni, Kemenkominfo dan PEPADI Gelar Wayang Semalam Suntuk

24 August
23:19 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : UNESCO tahun 2003 telah menetapkan wayang sebagai 'Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity', karena itu harus diakui bahwa Wayang menjadi warisan budaya dunia yang telah mengangkat citra Indonesia. 

Hal itu ditegaskan Kepala RRI Jakarta Enderiman Butar Butar pada pertunjukan wayang kulit dengan lakon "Wahyu Makuthoromo" di halaman RRI Jakarta, Sabtu (24/8/2019) malam.

"Wayang telah mengangkat citra indonesia, maka sudah seharusnya kita melestarikan warisan budaya ini," kata Enderiman.

Senada dengan itu, Kepala Museum Seni DKI Jakarta Esti Utami mengemukakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki komitmen kuat untuk melestarikan budaya ini, di antaranya tahun ini direalisasikan dengan 10 kali menyelenggarakan pagelaran wayang di ruang publik.

Sebelumnya, Ketua I PEPADI Pusat Suparno Wonokromo juga menjelaskan, menjadi kewajiban semua institusi termasuk seluruh masyarakat untuk mencintai dan melestarikan budaya ini.

Pagelaran wayang semalam suntuk ini merupakan kerja sama RRI, Museum Seni, Kemenkominfo dan PEPADI. Pagelaran Wayang, juga untuk menunjukan eksistensi sumber daya seniman wayang di RRI Jakarta.

Selain Pengrawit, Sinden juga Dalang, Ki Sambowo Agus Herianto, S.Sn adalah pegawai RRI Jakarta. Pagelaran ini serangkaian peringatan Proklamasi Kemerdekan RI dan menyambut Hari Radio ke-74 , tanggal 11 September 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00