• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Proses Pemilu Jadi Tajam karena Peran Medsos

24 August
17:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua KPUD Prov Lampung, Nanang Trenggono mengakui memang pada proses pemilu dinamikanya dibarengi oleh perbedaan-perbedaan yang tajam terutama di media sosial, karena masyarakat sekarang sudah berkutat dengan gadget, sehingga yang tak tertulis itu sudah tergantikan oleh media sosial.

Dikatakannya, proses perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat menghiasi kehidupan orang yang memang akan slalu membawa dua hal, yang positif dan ada negatif.

"Jadi dua akibat dari kehidupan dan pengguna teknologi informasi itu, menjadi realitas kehidupan kita sehingga, ketika terjadi perbedaan tajam penggunaan komunikasi yang kontroversial misalnya atau yang antagonis, sebaiknya menurut saya harus dilihat semuanya yang bisa memberikan pemhaman kita terhadap kita sendiri," jelasnya dalam dialog publik paska pemilu Pro3 RRI, Sabtu (24/8/2019).

Menurut Nanang, ketika berbeda pendapat soal pilihan presiden, ternyata beberapa pihak belum bisa berdiskusi, dan lebih banyak saling benci.

"Jadi contoh-contoh penggunaan media sosial yang menjadi fenomena, terlihat ada perpecahan itu, bisa menjadi indikator kita, ternyata di dalam perbedaan politik khususnya di dalam pemilu, masyarkat kita termasuk kita sendiri, kaum elit, tokoh-tokoh itu juga belum dewasa dalam perbedaan itu," tukasnya.

Nanang menambahkan harusnya ketika berbeda pendapat atas pilihan politik, maka mustinya lebih bisa mendiskusikan kenapa berpihak ke paslon tertentu lalu kenapa tidak yang lain.

"Mustinya bisa diskusi, jadi perkembangan teknologi itu selain membawa yang positif bagi kita," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00