• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Tangani Masalah Aset Pemprov Sumsel, Kejati Sumsel Kedepankan Jalur Non Litigasi

24 August
14:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan yang tergabung dalam Satgas Penyelamatan Aset Sumsel mengaku siap untuk membantu Pemerintah Provinsi dalam merebut kembali sejumlah aset yang bermasah atau dalam kuasa pihak lain.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Sugeng Purnomo, mengungkapkan, mengungkapkan, masalah aset yang dialami Pemprov Sumsel terbilang cukup banyak karena sebagian besar telah terjadi sejak lama.

Menghadapi kondisi ini, Sugeng mengaku akan membuat skala prioritas untuk menentukan kasus mana yang dapat diselesaikan lebih dulu tanpa mengenyampingkan persoalan aset lainnya. Dalam penyelesaian masalah aset ini pihak kejaksaan pun mengutamakan jalur pendekatan diluar pengadilan.

“Kami akan mencoba penyelesaian secara non litigasi itupun kalau bisa, tapi kalau tidak bisa kami akan tempuuh kewenangan lain dengan cara proses di pengadilan,” ujar Sugeng dalam keterangannya kepada wartawan di Palembang, Sabtu (24/8/2019).

Sugeng pun mengaku sangat serius dalam penyelesaian masalah aset milik Pemda. Bila memang kemudian dalam pengembangan kasus ada indikasi pelanggaran hukum diluar perjanjian perdata dan tata usaha negara pihak kejaksaan tidak segan untuk masuk lebih dalam sesuai kewenangannya.

“Memang kita bicara soal perdata dan tata usaha negara, tapi bila kami melihat ada potensi pelanggaran hukum lain kan kejaksaan punya kewenangan untuk itu. Kami akan gunakan seluruh kewenangan yang dimiliki untuk penyelamatan aset Pemprov,”  tukasnya.

Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan memiliki perangkat Jaksa Pengacara Negara yang ditugaskan untuk bergabung di Satgas Penyelamatan Aset Pemperov yang dibentuk oleh Gubernur. Meski berada dalam tim yang dibentuk Gubernur, Sugeng meyakinkan kejaksaan tetap akan bekerja secara objektif dan profesional sesuai dengan koridor hukum.

“Pada saat posisi ada organ negara yang sedang berbeda pendapat rtentang suatu masalah maka jaksa tidak boleh ada di salah satu pihak maka jaksa harus ada ditengah-tengah untuk mencari solusi terbaik,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00