• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Mau Operasikan Bus Listrik, TransJakarta Masih Punya 336 Armada Rusak

24 August
11:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengutarakan, mengenai pengoperasian dan pemanfaatan mobil listrik, langkah awal yang ditempuh pemerintah adalah melalui angkutan transportasi massal seperti Transjakarta maupun Damri sebagai angkutan perkotaan, serta angkutan taksi.

Khususnya bagi TransJakarta, Menhub Budi Karya mengungkapkan sudah ada komunikasi mengenai keinginan mereka untuk menjadi salah satu operator bus listrik.

“Transjakarta sudah menyampaikan pada saya, dalam waktu dekat ini juga akan mengoperasikan bus listrik. Artinya dalam segala keterbatasan, para operator ini sudah berniat untuk melakukannya. Tentu banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang perlu dilakukan, mulai stasiun pengisian, harga khusus dari PLN, tentunya itu diharapkan dari semua pihak,”jelas Menhub Budi Karya dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Kendaraan Listrik sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM”, di Hotel Le Meriden Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Mengenai pengadaan armada bus listrik, baik Menhub Budi Karya Sumadi maupun pihak TransJakarta sendiri belum memastikan bakal seperti apa. 

Akan tetapi, berdasarkan pantauan terbaru, masih ada puluhan Bus Transjakarta yang terparkir di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (23/8/2019).

Menurut petugas di sana, ada 36 Bus Transjakarta yang rusak dan sudah terparkir sejak Oktober 2017. Dari pandangan mata, semua armada yang diklaim rusak itu masih berwarna merah alias kendaraan periode pengadaan kedua setelah angkatan awal armada berwarna abu-abu.

Sebelumnya, sejumlah armada Bus Transjakarta berwarna merah, yang sudah tidak digunakan lagi juga masih parkir di lahan kosong Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 25 Juli 2019 lalu.

Seperti dikutip dari Antara, kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat berada di lahan kosong sejak 2018.

Meski begitu, pihak TransJakarta sendiri tetap menjamin keamanan dari seluruh armada tak terpakai yang terparkir baik di Pulogadung maupun Bogor, dengan menempatkan sejumlah petugas keamanan 1x24 jam.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00