• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Atasi Polusi Udara, Mobil Listrik Sudah Hadir di Indonesia

24 August
07:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 (Perpres 55/2019) tentang Percepatan Program Kendaraan Motor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, memberi keniscayaan hadirnya mobil listrik di Indonesia, sebagai salah satu solusi masalah lingkungan.

“Hadirnya kendaraan listrik merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan polusi udara, seperti yang terjadi di ibukota Jakarta,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Kendaraan Listrik sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM”, di Hotel Le Meriden Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Peluncuran awal adalah, pengoperasian angkutan umum berbasis tenaga listrik. Hal ini menurut Menhub Budi Karya, selain memberi dukungan dalam bidang pelestarian lingkungan, juga memberikan nilai tambah terkait dengan program ketahanan dan bauran energi nasional, pengurangan penggunaan dan subsidi BBM, serta pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah.

“Jadi memang suatu inisiatif lengkap (dari pemerintah) menyelesaikan masalah lingkungan, menyelesaikan kekurangan energi, lalu (akhirnya) melakukan investasi, kemudian melakukan kegiatan-kegiatan ekspor. Ini sangat positif," ucap Menhub Budi Karya.

Oleh karena itu, kata dia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai regulator harus melakukan persiapan tata kelola, serta berupaya mempercepat dan mendukung hal ini (kehadiran mobil listrik).

Menhub lanjut menuturkan, penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan ini bisa dimanfaatkan untuk angkutan transportasi massal seperti Transjakarta maupun Damri sebagai angkutan perkotaan. Selain itu, juga untuk angkutan taksi.

Budi lantas mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh beberapa operator transportasi seperti Blue Bird yang telah mengoperasikan mobil listrik dalam armadanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00