• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Pansel Belum Konfirmasi Tentang Dugaan Pelanggaran Etik Capim KPK

24 August
00:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum pernah sekalipun mengkonfirmasi langsung tentang dugaan pelanggaran kode etik yang telah dilakukan oleh salah satu kandidat yang mereka loloskan. Paling tidak untuk rangkaian seleksi sejauh ini.

Hal itu diakui oleh Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih. Dia bahkan sempat berseru aduh saat dikonfirmasi tentang mantan Deputi Penindakan KPK dari unsur Polri, Irjen Firli yang diduga memiliki pelanggaran kode etik. Saat itu Firli juga sempat didemo oleh para karyawan komisi anti rasuah.

Alasan dia adalah sejauh ini, tes yang dilakukan oleh Pansel Capim KPK belum menyentuh ranah dugaan pelanggaran kode etik.

"Aduh. Kita melihatnya bahwa dari hasil yang nilai-nilai yang masuk itu tidak berkaitan dengan hal itukan," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Sabtu (24/8/2019).

Meski demikian, Yenti memastikan kalau pada saatnya nanti, dugaan pelanggaran kode etik Firli pasti akan dipertanyakan juga kepada yang bersangkutan. Yakni pada tes wawancara dan uji publik.

"Nanti kalau hal itu, yang seperti itu kita akan tanyakan di wawancara gitu. Kan ada wawancara, ada uji publik gitu ya. Nanti kita lihat gitu," tegasnya memastikan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00