• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Laode Gagal, Ketua Pansel Capim KPK Ungkit Tentang Kecerdasan dan Kejiwaan

23 August
23:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yenti Garnasih enggan menjelaskan secara terperinci apa alasan mereka yang tidak meloloskan salah satu Komisioner KPK saat ini Laode M Syarif, namun meloloskan petahana lainnya, Alexander Marwata.

"Kita ga mempertimbangkan dua orang itu secara spesifik ya. Memang dari kriteria untuk dilakukan seleksi itu ya memang begitulah keadaannya, nilai-nilainya seperti itu. Ya ini yang ada," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Jumat (23/8/2019).

Perlu diketahui, sebelumnya, Pansel Capim KPK mengumumkan 20 nama yang lolos dari 40 orang sebelumnya yang mengikuti profile assessment. Nama Laode M Syarif tidak ada dalam 20 orang yang lolos. Laode menyusul rekannya yang juga petahana, Basaria Pandjaitan, yang sebelum tidak lolos tes psikologis. 

Yenti menegaskan, penilaian yang dipakai oleh Pansel Capim KPK sangatlah banyak. Baik itu tes psikologis, profile assessment dan lain sebagainya. Untuk profile assessment, dijelaskannya Pansel ingin mencari tahu tentang tingkat kecerdasan, profile kejiwaan, dan lain sebagainnya.

"Profile assessment itu kan kita mencari itu dinilai tentang kecerdasan, tentang profile kejiwaannya dia, psikologinya, bagaimana bisa kerja kolektif, bagaimana leadership, bagaimana kerentanannya atas tekanan-tekanan, semuanya baik kan, baik dalam arti nanti kita lihat dari urutan nilainya," jelasnya.

"Selain itu kita juga sudah menerima track record dan masukan dari masyarakat. Jadi seperti itu, pada akhirnya ya nama itulah begitu," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00