• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kapal Terbakar di Tengah Laut, Ratusan Penumpang Dievakuasi

23 August
20:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Surabaya, Jawa Timur terus melakukan upaya pencarian dan evakuasi terhadap ratusan penumpang Kapal Motor (KM) Santika Nusantara. Kapal ini dilaporkan terbakar di wilayah Perairan Maselembo, Jawa Timur beberapa waktu yang lalu.

Berdasarkan data yang diterima dari Basarnas Surabaya, kapal nahas itu dilaporkan terbakar, Jumat (23/8/2019) sekira pukul 14.00 WIB tadi. Sejak saat itu, tim pun diterjunkan untuk melakukan pencarian dan evakuasi.

Sejauh ini, tim SAR Gabungan sudah berhasil mengevakuasi lebih dari 100 orang penumpang. Diantaranya 66 orang di evakuasi oleh KMP Darma Fery VII, 23 orang dievakuasi oleh Kapal kontainer SpIil Citra menuju Surabaya dan 54 orang selamat telah dievakuasi oleh kapal nelayan ke  Masalembo.

Dengan begitu, masih ada beberapa orang korban yang dilaporkan meninggal dunia. Sementara belum diketahui secara pasti berapa jumlah warga yang menjadi penumpang kapal tersebut.

Perlu diketahui, operasi pencarian dan evakuasi dihentikan pada pukul 17.00 WIB sore tadi. Proses itu akan dilanjutkan pada esok hari.

Sejak siang tadi, tak hanya kapal milik Basarnas Surabaya yang melakukan pencarian dan evakuasi korban. Mereka juga dibantu oleh beberapa kapal milik swasta dan instansi lainnya.

Beberapa kapal itu diantaranya adalah Tug Boat Bintang Mutiara, Tug Boat Bintang Samudra, KMP Darma Fery VII, TB Bintang Samudra I, MV Selatan Damai, MV Spil Citra, TB Bintang Mutiara, KN Cundamai, KN Laksamana, KRI Karang Pilang dan kapal-kapal milik nelayan.

Adapun rescue plan yang dilakukan Basarnas Surabaya, yakni apabila korban ditemukan, akan segera dievakuasi dan  dibawa ke Pelabuhan Tanjung Perak untuk penanganan lebih lanjut oleh pihak berwenang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00