• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Menkopolhukam: Tangkap Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan di Kalteng

23 August
18:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan agar pelaku pembakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah ditangkap.

Hal demikian disampaikan Wiranto saat meninjau lokasi bekas kebakaran lahan di Jalan Ir. Soekarno Palangka Raya pada Jum’at (23/8/2019). 

Dalam kunjungan kerja ke Palangka Raya, juga turut hadir Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead.

“Yang terbakar di sekitar Kota Palangka Raya, pinggir jalan, dekat pemukiman, ladangnya tidak terlalu lebat, tidak kering tapi ternyata terbakar terbakar terbakar. Apa artinya? Bukan karena alam. Apa artinya? Dibakar oleh manusia. Kalau petani ladang berpindah sudah sadar berarti yang membakar bukan petani. Kita cari. Kita tangkap. Kita hukum. Karena itu jelas penjahat orang jahat yang perbuatannya hanya ingin membuat keadaan tidak tenteram,” tegasnya.

Menkopolhukam yang didampingi Kapolri dan Panglima TNI mengatakan bahwa operasi khusus untuk menangkap pelaku pembakaran lahan harus dilakukan. TNI dan Polri ditugaskan untuk mencari pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang disebutnya sebagai pelaku kejahatan publik. 

Dalam kesempatan kunjungan kerja ke Palangka Raya Menkopolhukam bersama unsur pimpinan lainnya melakukan Rapat Terpadu Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Tengah. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00