• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Deddy Mizwar Mengaku Ditanya Penyidik KPK Hasil Rapat DPRD Provinsi Jabar Terkait Meikarta

23 August
16:44 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta :  Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selesai melakukan pemeriksaan sekaligus meminta keterangan Deddy Mizwar, mantan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Jawa Barat. Deddy sempat diperiksa sebagai saksi selama beberapa jam di Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Pusat.

Sebelum meninggalkan Gedung KPK, Deddy sempat berbincang dengan wartawan seputar materi pemeriksaannya. Menurut Deddy, penyidik KPK semoat bertanya tentang rapat-rapat yang dikakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Privinsi Jawa Barat (Jabar) terutama terkait pembahasan seputar proyek pembangunan Meikarta.

"Ada beberapa keputusan DPRD yang dikaji, ditanyakan kembali, dan beberapa surat yang saya juga baru tahu ya, dikonfirmasi dengan hal tersebut” kata Deddy Mizwar di Gedung KPK Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Deddy juga menjelaskan kepada penyidik KPK terkait Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD). Deddy mengatakan bahwa dirinya siap bila dipanggil kembali oleh jika dimintai keterangan pemyidik KPk baik dalam penyidikan maupun persidangan (Pengadilan Tindak Pidana Korupsi).

“Ya nanti siap datang di sidang, kita lihat, mungkin saya juga diundang dalam persidangan” pungkas Deddy Mizwar kepada wartawan.

Sementar itu, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah sebelumnya menjelaskan kepada wartawan bahwa Deddy Mizwar hari ini dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Iwa Karniwa. Menurut Febri, pemanggilan Deddy terkait dengan jabatannya sebagai mantan Wagub Jabar.

Tersanhka Iwa Karniwa diketahui merupakan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Barat, non aktif. Iwa ditetapkan penyidik KPK sebagai tersangka karena diduga menerima uang suap sebesar Rp 900 juta terkait Meikarta.

Uang itu diduga diberikan oleh salah satu terpidana kasus Meikarta yaitu Neneng Rahmi Nurlaili. Yang bersangkutan diketahui merupakan mantan pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00