• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Mahfud MD Dorong Pemerintah Lakukan Pendekatan Konstruktif dan Persuasif Soal Rasisme di Papua

23 August
16:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Mahfud MD, menyampaikan kecemasannya atas kejadian yang terjadi pada masyarakat Papua. Terjadinya kericuhan di tanah Papua menurut Mahfud, karena adanya tindakan, sikap dan ucapan yang dilayangkan oleh sejumlah kelompok yang mengandung unsur rasisme kepada masyarakat Papua sangat berbahaya.

Lebih lanjut, Mahfud juga mengatakan, dari tindakan seperti itulah, yang menimbulkan berkembangnya tindakan kekerasan disejumlah wilayah  Papua, yang  dapat merembet pada persoalan lainnya dan dapat mencemaskan masyarakat, sehingga menimbulkan kemarahan ditanah Papua.

“Pertama kita kaget, kaget luar biasa sekarang ini, dan merasa agak cemas tentang perkembangan yang terjadi di Papua. Sehingga eskalasi tindak kekerasan berkembang seperti apa, meskipun kecil-kecilan seperti Efek domino dari sini ke sini, dari sini ke sini gitu, dan itu mencemaskan kita,” ujar Mahfud MD saat menggelar konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Dengan adanya kejadian tersebut, Mahfud juga menyampaikan penyesalan atas tindakan rasisme. Oleh sebab itu, Mahfud MD menyerukan kepada seluruh pemerintah, jajaran aparat keamanan, dan seluruh elemen masyarakat, untuk melakukan pendekatan secara konstruktif dan persuasif, serta menghentikan tindak kekerasan yang meresahkan masyarakat Papua.

“Kita menyerukan kepada semua pihak, kepada aparat, kepada pemerintah, kepada tokoh-tokoh adat, kepada tokoh-tokoh LSM, gerakan, untuk sekarang ini mulai melakukan pendekatan dialog dialog yang konstruktif dan persuasif. Kekerasan supaya dihentikan, tindak kekerasan yang meresahkan masyarakat, dihentikan melalui persuasi dan dialog yang konstruktif," tutup Mahfud MD

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00