• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Batal Ke Persib, Alfonsius Resmi Berkostum PSMS

23 August
15:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Setelah gagal direkrut manajemen Persib Bandung menjelang jeda putaran pertama Liga 1 Indonesia, penjaga gawang eks Borneo FC Alfonsius Kevlan tidak ingin berlama – lama menunggu tawaran dari sejumlah klub. Kiper berkepala plontos itu sudah terpincut bergabung bersama tim liga 2 yakni PSMS Medan. 

Sebelum ditutupnya transfer window putaran kedua liga 2, PSMS resmi mendapat tanda tangan pemain berusia 30 tahun itu hingga akhir musim 2019. Selain mendatangkan Alfonsius Kelvan, manajemen juga resmi mendapat jasa playmaker eks Cilegon United Elina Soka. Keduanya pun telah dikontrak dan resmi diperkenalkan manajemen kepada awak media, di Sekretariat PSMS, Jumat (23/8) siang. 

Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang mengatakan, dengan datangnya Alfonsius dan Elina ini, maka total pemain baru yang telah didatangkan ada 9 orang. Menurut Mulyadi, ini merupakan kontrak pemain terakhir pada transfer putaran kedua. Sehingga, total saat ini ada 26 pemain yang akan perkaut tim ayam kinantan pada putaran kedua.

"Kalau kemarin ada tujuh orang, hari ini bertambah dua orang. Pertama posisi kiper yaitu Alfonsius Kevlan. Kemudian Elina Soka. Kedua pemain ini memang posisi masing – masing sangat kami butuhkan. Dari manajemen dengan target yang dibebankan oleh pembina kita pak Edy Rahmayadi dan ketua harian PSMS Kodrat Shah, kita ingin masuk delapan besar, empat besar, dan titik akhirnya liga 1," jelas Mulyadi didampingi unsur manajemen lainnya Anda Dalimunthe, asisten pelatih Edy Syahputra.

Mulyadi menjelaskan, para pemain yang telah direkrut juga segera didaftarkan ke PSSI agar bisa langsung berlaga di putaran kedua nanti saat menjamu PSPS Riau, pada Sabtu (24/8) sore.

"Jadi ini belum semua kita yang daftarkan secara sah ini. Baru yang kita yakini sudah daftarkan secara sah. Kami, siang ini akan mendaftarkan yang sah yang kami yakini siap tampil. Kami berharap ini lah gerbong terakhir untuk putaran kedua, sudah tutup karena menurut kami apa yang diinginkan pelatih, sudah dipenuhi," kata Mulyadi.

Sementara asisten pelatih PSMS, Edy Syahputra menjelaskan kehadiran dua pemain ini akan memberikan warna baru bagi permainan PSMS di putaran kedua ini. Meski baru menjalani sesi latihan selama dua kali, pelatih berkepala plontos ini menilai penampilan Elina Soka sudah mulai paham dengan gaya permainan PSMS. Kedatangan amunisi baru diharapkan Edy bisa mengangkat mental Legimin Raharjo dkk. "Untuk penjaga gawang dan playmaker sudah kita dapatkan. Untuk khusus Elina Soka dalam dua sesi latihan ini saya melihat sudah bisa langsung nyetel. Sedikit banyak ada warna baru di permainan PSMS di putaran kedua. Sementara untuk penjaga gawang (Kevlan) saya tahu benar dia main di Borneo FC, juga pernah jumpa di liga 1. Mudah – mudahan bisa mengangkat moral  dari tim PSMS untuk berprestasi lebih baik lagi. Saya harap mereka cepat beradaptasi dengan pemain yang sudah ada duluan di tim ini. Target kita yang paling tinggi adalah lolos ke Liga 1," ungkap Edy.

Dengan masuknya Alfonsius, maka kini untuk posisi penjaga gawang ada empat pemain. Terkait keempatnya akan tetap dipertahankan atau ada satu kiper yang dievaluasi, pelatih berlisensi A AFC ini masih menunggu paling lama dua hari ke depan, sebelum batas tranfer pemain berakhir.  

“Sebelum tutup tranfer window kita akan putuskan segera, kita nanti akan berkoordinasi dengan pelatih penjaga gawang. Apakah keempat – empat ini akan kita masukkan  kita daftarkan gimana, mungkin dalam dua hari ini kita akan kasih putusan tentang penjaga gawang. Yang jelas, kami ingin semua penjaga gawang itu siap tampil, kalau nanti siap tampil gak ada masalah, mungkin tidak akan kami buang. Tapi, kalau kita lihat nanti dantara yang empat ini ada yang mungkin misalnya punya riwayat cidera yang serius, mungkin akan kita degradasi,” tegas Edy.

Begitu juga kehadiran Soka di posisi playmaker, menurut Edy sangat membantu lini gelandang PSMS yang selama ini dihuni Legimin dan Aidun. Edy berharap, hadirnya Soka juga menambah kekuatan di lini tengah tim, yang selama ini suplay bola ke depan lebih banyak berharap kepada Legimin dan Aidun.

“Khusus Elina Soka dia posisi Playmaker, selama ini kita gak punya itu karena Legimin dan Aidun kita turunkan bersamaan, tipe mereka sama. Dengan hadirnya Elina Soka agak meringankan tugas Legimin dan Aidun di sektor gelandang bertahan. Saya lihat dalam dua sesi latihan Soka, dia sebagai playmaker, menyerang bagus dan pertahanan bagus. Saya sudah konsultasi dengan kapten  tadi, dengan kehadrian Soka, sangat membantu dalam hal untuk posisi di midfielder,” ucap Edy.

Sementara Alfonsius Kevlan mengaku senang bisa berseragam PSMS. Apalagi kedatangan dirinya ke Medan mendapat sambutan sangat baik dari para suporter PSMS seperti ciutan netizen di akun media sosial. Meski baru pertama kali bergabung dengan tim ayam kinantan, Alfon sapaan akrabnya siap mengantarkan tim ini meraih prestasi sesuai dengan target lolos ke liga 1 musim depan. “Ini suatu kebanggaan buat saya bisa bermain di PSMS Medan. Dan ini pertama kali saya juga sih datang ke Medan. Ya, saya senang bisa gabung di sini. Dan orang – orang Medan saya lihat sangat welcome. Saya lihat di akun Instagram saya juga mereka sangat support. Mudah – mudahan saya datang di sini bisa memberikan kontribusi yang baik dan bisa mengangkat PSMS Medan sesuai yang ditargetkan manajemen dan pelatih,” ucap Alfon.

Meski harus turun berlaga di kasta kedua liga Indonesia, baik Alfon hal itu tidak masalah. Sebab, selain PSMS dirinya mengaku ada sejumlah klub liga 1 yang telah berniat mendatangkan pemain kelahiran Jakarta ini. Namun, bagi Alfon hanya manajemen PSMS yang dinilai paling serius dalam menggunakan jasanya hingga akhir musim ini.

“Yang saya lihat itu keseriusan dari manajemen ya menghubungi saya. Dan mohon maaf juga banyak juga beberapa tim dari liga 1 yang menghubungi saya, cuma yang paling serius hubungi saya PSMS. Jadi, saya menghargai keseriusan itu jadi saya langsung ke PSMS Medan,” jelasnya.

Sementara Elina Soka mengaku bangga bisa bergabung dengan tim yang memiliki nama besar di sejarah pesepakbolaan Indonesia. Mantan Cilegon United dan Persis Solo ini siap membawa PSMS meraih prestasi terbaik, sesuai dengan target manajemen dan tim pelatih.

“Saya senang sekali bisa bergabung dengan tim ini. Tim besar, tim bersejarah dengan suporter yang baik. Harapan saya sebagai pemain di putaran kedua ini ya mampu memberikan prestasi dan kinerja yang terbaik buat tim ini. Gak ada pemain yang tidak menginginkan timnya tidak berprestasi. Mudah – mudahan ktia dimudahkan semua untuk meraih apa yang ktia inginkan,” ucap Elina.

PSMS Medan pada Sabtu (24/8) sore kembali akan melakoni laga di pekan ke 12 lanjutan kompetisi liga 2 wilayah barat, dengan menjamu PSPS Riau, di Stadion Teladan. (Joko Saputra)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00