• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Ketua PB ISSI: Banyuwangi Kota Balap Sepeda Indonesia

23 August
14:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari menyatakan Kabupaten Banyuwangi pantas menyandang predikat sebagai "Kota Balap Sepeda Indonesia".

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Raja Sapta, Jum'at (23/8/2019), disela-sela persiapan pengangkutan para pebalap dari Jawa menuju Bali, sebelum start etape kelima Tour de Indonesia 2019.

Menurut Raja Sapta, Banyuwangi pantas menyandang predikat "Kota Balap Sepeda Indonesia", karena setiap tahunnya rutin menggelar event balap sepeda bertaraf nasional maupun internasional, mulai dari Banyuwangi Internasional BMX dan Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, serta event MTB Choclate Cycling yang menjadi ajang pembinaan atlet lokal maupun atlet nasional.

"Jadi Banyuwangi ini kita sebut sebagai kota balap sepada Indonesia, karena rutin menggelar event balap sepada seperti BMX dan road bike," ungkap Raja Sapta, Jum'at (23/8/2019).

Selain itu di hampir semua disiplin balap sepeda venuenya ada di Banyuwangi, seperti sirkuit BMX, bahkan tanjakan - tanjakan di gunung Ijen yang menjadi icon Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, yang dijadikan tempat finish etape keempat Tour de Indonesia, memilik tingkat kesulitan yang masuk ketegori Horst Category (HC), yang merupakan kategori tertinggi dalam balapan sepeda, ada di Banyuwangi, bahkan setiap balaan yang diselenggarakan mendapat antusiame yang cukup tinggi dari masyarakatnya.

"Tadi banyak pebalap bahkan President Commissaire Panel Tour d'Indonesia, Jacky Verdenet, utusan commisaire UCI (Union  Cycliste Internationale) yang merupakan federasi balap sepeda internasional, mengapresiasi tanjakan di Gunung Ijen, yang dinilai lebih sulit dari tanjakan Tour de France," tambah Raja Sapta.

Dengan ditetapkannya Banyuwangi sebagai kota balap sepeda Indonesia, Ketua PB ISSI berharap agar pemerintah bisa membantu Banyuwangi, untuk bisa membangun velodrome (lintasan khusus untuk balap sepeda didalam ruangan), sehingga Banyuwangin bisa memiliki fasilitas balap sepada disemua disiplin, mulai dari BMX, Road, MTB dan Downhill.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00