• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Senator : Selesaikan Masalah Papua dengan Pendekatan Adat

22 August
22:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Senator asal Papua Barat angkat bicara mengenai permasalahan Papua yang menjadi perhatian nasional dan dunia internasional. Senator dari Papua Barat Mervin Sadipun Komber mengatakan penyelesaian masalah di Papua perlu dilakukan pendekatan adat, bukan dengan pendekatan keamanan. 

Mervin yang juga merupakan Ketua Badan Kehormatan DPD RI mengatakan pendekatan keamanan dengan mengirim TNI dan Polisi tidak menyelesaikan masalah. Dia pun berharap aparat keamanan tersebut ditarik bila sudah dikirim ke Papua. Mervin pun meminta Presiden menegur menteri yang mengirim pasukan ke Papua.

"Solusi terbaik dalam permasalahan di Papua adalah pendekatan adat dan kekeluargaan serta duduk bersama. Saya sarankan segera dilakukan pertemuan antara Gubernur Papua Barat dengan Gubernur Jawa Timur serta Wakil Walikota Malang yang diinisiasi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo," kata Mervin, Kamis (22/8/2019).

Ditambahkan Mervin, Kapolri harus melakukan evaluasi terhadap Kapolda Jawa Timur dan Kapoltabes Surabaya. Sebab menurut Mervin, akar masalah di Papua berasal dari Malang dan Surabaya.

Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon mengatakan permasalahan di Papua kompleks dan perlu adanya evaluasi total dalam penanganan permasalahannya. Menurut Effendi yang juga Politisi PDI Perjuangan,  penanganan Papua tidak boleh sporadis dan pendekatan kekerasan serta perlu penanganan khusus.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00