• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemerintah Dukung Penerapan GRC untuk Bisnis Berkelanjutan

22 August
21:28 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pemerintah menegaskan komitmennya untuk terus mendukung penerapan Governance, Risk, and Compliance (GRC) dengan baik bagi semua perusahaan, baik itu perusahaan BUMN, perusahaan terbuka (Tbk), ataupun swasta.

Pasalnya, implementasi ini dinilai sangat bermanfaat, baik bagi perusahaan itu sendiri maupun bagi perekonomian secara nasional.

Penegasan tersebut disampaikan Staf Ahli Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Pembangunan Daerah, Bobby Hamzar Rafinus dalam sambutannya mewakili Menko Perekonomian Darmin Nasution pada acara GRC Summit & TOP GRC 2019 yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (22/8/2019). 

"Penerapan GRC akan mendorong tumbuhnya bisnis perusahaan yang berkelanjutan, sehingga dapat menopang percepatan pembangunan perekonomian nasional,” ujarnya. 

Selain itu, lanjut Bobby, kegiatan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah mewujudkan Visi-Misi Indonesia Maju 2019-2024, terutama terkait dengan peningkatan investasi guna mempercepat pembangunan nasional.

Antonius Alijoyo, selaku Ketua Penyelenggara GRC Summit 2019 sekaligus Ketua Dewan Juri TOP GRC 2019 menambahkan, kegiatan ini juga memiliki nilai dan manfaat yang strategis, di antaranya adanya upaya dari semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan praktik implementasi GRC terpadu di Indonesia.

“Dengan semakin baiknya praktik GRC di Indonesia, maka kepercayaan masyarakat dan investor, baik dari dalam dan luar negeri, akan meningkat pula. Diharapkan rating investasi di Indonesia akan meningkat, dan risk country Indonesia semakin baik. Tentunya hal ini akan mendorong peningkatan investasi di Indonesia,” papar Antonius.

Sementara M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP GRC 2019 menegaskan bahwa kegiatan TOP GRC tidak hanya sekadar awarding atau penghargaan, namun di dalamnya ada aspek pembelajaran GRC bagi perusahaan peserta.

Kegiatan TOP GRC 2019 adalah kegiatan corporate award tahunan, di bidang tata kelola perusahaan (GCG), manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan. Tujuan dari penyelenggaraan TOP GRC ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan yang berkelanjutan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Tema yang diangkat dalam kegiatan TOP GRC 2019 ini adalah Great GRC, for Great Business.

“Artinya, kita mengharapkan munculnya perusahaan-perusahaan hebat di Indonesia, yang terus membangun bisnis dan kinerjanya secara berkelanjutan, dengan menerapkan prinsip-prinsip GRC yang terintegrasi,” kata Lutfi.

TOP GRC 2019 diikuti oleh lebih dari 500 perusahaan terdiri dari BUMN, perusahaan TBK, swasta nasional maupun multinasional. Kemudian diseleksi menjadi 200 perusahaan finalis. Dan setelah melewati proses penilaian akhir termasuk wawancara penjurian, ditetapkan 52 perusahaan sebagai penerima penghargaan TOP GRC 2019. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00