• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Mahfud MD Beberkan 5 Syarat Capai Indonesia Emas

22 August
17:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Indonesia pada tahun 2045 diprediksi memasuki masa emas bahkan dapat menduduki ranking 5 ekonomi dunia. Meski demikian, jika tidak dikelola dengan baik, Indonesia dapat bubar sebelum memasuki masa emas.

Hal tersebut dikemukakan Anggota Dewan pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Mahfud MD ketika menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) bertajuk Pendidikan Bangsa dalam Menyiapkan SDM Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Museum Ronggowarsito Semarang, Kamis (22/8/2019).

Dijelaskan, prediksi Indonesia emas merupakan hasil dari potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Sedangkan Indonesia bubar berasal dari hal fiktif namun juga perlu diwaspadai.

Menurutnya, Indonesia emas dapat tercapai jika dapat mencapai lima hal, yakni merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Namun, kata Mahfud saat ini persatuan, keadilan dan kemakmuran masih menjadi persolan bangsa Indonesia.

“Kerusuhan Papua menganggu persatuan kita, selain itu ketimpangan hukum juga masih menjadi persoalan hingga kini,” ujarnya.

Mahfud MD juga mengharapkan kemajuan bangsa Indonesia sesuai dengan UUD 45 alenia ke 4, yakni mencerdaskan bangsa. Ditegaskan, kemajuan bukan saja dimonopoli oleh kelompok maupun golongan, namun juga merata bagi seluruh bangsa.

“Amanat UUD 45 pendidikan untuk mencerdaskan bangsa, bukan otak. Artinya pendidikan dapat merubah perilaku yang lebih baik bagi kepentingan bangsa, bukan dikuasai oleh diri sendiri,” tandasnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Syarif Hasan Salampessy

    Redaktur Puspem LPP RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00