• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Kisah Mahasiswa Asal Papua Menimba Ilmu di Kota Malang

22 August
13:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Saidin Patiran, merupakan salah satu dari ratusan mahasiswa asal Papua yang menimba ilmu di Kota Malang, Jawa Timur. Mahasiswa asal Fakfak Papua Barat ini mengaku betah belajar dan tinggal di kota pendidikan.

"Saya senang tinggal di Malang, orang-orangnya disini ramah. Kalau kemarin sempat ada kerusuha, saya yakin itu hanya karena salah paham," kata Saidin saat ditemui di sela deklarasi mahasiswa Cinta Pancasila di IKIP Budi Utomo Malang, Kamis (22/8/2019).

Selama ini, Saidin menimba ilmu di jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Ia masuk kampus itu melalui jalur mandiri. "Memang memilih kuliah di UIN Malang karena suasana Islami-nya lebih terasa," ungkapnya.

Ia pun berharap keluarganya untuk tidak mengkhawatirkan kondisinya selama tinggal di Malang. Sebab, selama ini Saidin mengaku tidak pernah mendpatkan ancaman ataupun intimidasi dari pihak manapun. "Sejak dua minggu terakhir ini tinggal di ma'had, tidak pernah ada ancaman, aman-aman saja," tutur dia.

Hanya saja, Saidin mengakui, faktor bahasa menjadi kendalanya untuk berkomunikasi dengan warga Malang. "Selama sosialisasi cuma kesulitan soal bahasa. Karena masing-masing daerah punya bahasa dan logat sendiri. Jadi saya minta teman-teman untuk menggunakan Bahasa Indonesia saja ketika berkomunikasi dengan saya, dan mereka paham," tandas Saidin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00