• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

KPU Gorontalo Usul 15 Poin Perbaikan Kampanye Pemilu ke depan

22 August
10:18 2019
1 Votes (5)

KBRN, Gorontalo: Setelah diskusi panjang selama 2 hari (20-21 Agustus 2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Provinsi Gorontalo, Perwakilan Partai Politik serta Akademisi dan Media Massa akhirnya merekomendasikan 15 poin untuk perbaikan tahapan kampanye pemilu ke depan. 

Dari 15 poin tersebut diantaranya: Pertentangan norma tentang batas waktu penyampaian LADK bagi peserta pemilu antara UU dengan PKPU. Perlu diatur tentang pemasangan APK pada kendaraan angkutan umum yang merupakan milik pribadi dari pengurus partai, maupun calon anggota legislatif. Perlu pengaturan standarisasi biaya (wajar dan terukur) yang dapat dijadikan acuan dalam pemberian uang makan/transportasi bagi masyarakat/simpatisan ketika mengikuti kegiatan kampanye agar tidak ada unsur politik.

"Lima belas poin rekomendasi ini secepatnya akan kami bawa ke KPU RI pada evaluasi secara nasional," ungkap Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem kepada RRI, Kamis(22/8/219)

Menurutmu, banyak keluhan yang disampaikan parpol seperti jadwal dan masa kampanye perlu pengaturan, misalnya diusulkan agar kampanye dapat dilakukan di malam hari maka perlu MOU antara KPU, Bawaslu dan Kepolisian terhadap waktu pelaksanaan kampanye.

"Kami juga apresiasi kepada media, terutama RRI yang telah memberikan masukan terhadap waktu kampanye di media massa, dimana kita ketahui sebagian besar caleg DPD RI tidak memanfaatkan Radio untuk berkampanye, pada hal kita sudah fasilitasi," pungkas Fadliyanto Koem.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00