• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polres Cimahi Ungkap Pencurian Kenderaan di Perusahaan Ekspedisi

21 August
23:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Kasus pencurian kenderaan bermotor diwilayah hukum Polres Cimahi hingga saat ini angkanya cukup tinggi, namun pengungkapan kasus tersebut masih berbanding terbalik dengan kejadian yang ada.

“Berbagai upaya dilakukan jajaran kepolisian untuk mengungkap berbagai kasus pencurian bermotor, diantaranya pengungkapan kasus pencurian sepeda motor yang terjadi tanggal 19 Juli Lalu di Kantor Secepat Ekspres di Ruko Duta Regency Jalan Cihanjuang Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi,” ungkap Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara kepada wartawan, Rabu(21/8/2019).

Dalam kasus tersebut, penyidik Unit Curanmor Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap seorang tersangka pelakunya, yakni Benny Setiawan alias Beben 37 tahun.

“Pelakunya ternyata pernah menjadi karyawan atau pekerja diperusahaan ekspedisi ini,  sehingga mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan aksinya,”ujarnya.

Modusnya pelaku masuk ke lokasi kantor, dengan memanjat tiang besi yang berada diluar Ruko dan masuk melalui lantai 2.

“Saat itu pelaku masuk kedalam kamar dan mengambil 2 handphone, lalu turun kelantai bawah dan membuka pintu gerbang ruko, lalu memasukkan kenderaan yang dibawanya kedalam, karena motor tersebut milik temannya yang bekerja di Ruko tersebut. Saat didalam Ruko ia melihat ada 4 unit motor, lalu ia mencari kunci kontak dan ditemukan didalam dus sepatu. Selanjutnya ia memasukkan kunci kontak kesalah satu motor, karena dikunci tertulis Suzuki, lalu dikeluarkan dari gerbang dibawa kabur,” papar Kapolres.

Selain tersangka kata Kapolres, penyidik juga sudah menyita barang bukti dari tersangka berupa STNK sepeda motoe Suzuki dengan nomor polisi D.2551 HH milik korban Cahya Nendy.

Sedang barang bukti sepeda motor milik korban, sudah dijual tersangka kepada salah seorang penadahnya yang saat ini menjadi buronan polisi dan masuk dalam daftar pemcarian orang Polres Cimahi.

Akibat perbuatannya itu tersangka Beni akan dijerat dengan pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Sementara Kasat Reskrim Polres Cimahi AKP.Yohannes Sigiro menjelaskan, kasus pencurian kenderaan bermotor banyak terjadi diwilayah perumahan dan pertokoan, kos-kosan karena banyak kelalaian dari pemiliknya.

“Daerah yang rawan itu wilayah seperti di Cimahi Selatan dan Cimahi, pelaku banyak membongkar rumah dan kos-kosan, mengambil laptop dan barang-barang berharga lainnya seperti kenderaan bermotor, dilakukan bukan ditenpat sepi malahan ditempat ramai. Kejadiannya juga tidak hanya malam hari, malahan yang paling banyak siang hari disaat semua merasa bahwa itu aman,” ungkapnya.

Berbagai upaya dilakukan ujarnya, seperti melakukan penyelidikan dari mulai olah TKP, keterangan saksi dan lain sebagainya, sehingga ada beberapa kasus yang sudah terungkap.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00