• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Dugaan Korupsi e-KTP, KPK Cekal Empat Orang

21 August
17:50 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya telah menetapkan 4 tersangka baru dalam kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Jakarta menjelaskan, KPK telah mengirinkan surat permintaan pencegahan ke luar negeri kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Menurut Febri ada sejumlah pihak yang dicegah ke luar negeri, diantaranya tersangka Isnu Edhi Wijaya dan tersangka Husni Fahmi. Keduanya merupakan tersangka baru dalam kasus perkara dugaan korupsi proyek e-KTP yang ditetapkan bersama tersangka lainnya masing-masing Miryam S. Haryani dan Paulus Tannos.

Sedangkan pihak lainnya yang ikut dicegah bepergian keluar negeri masing-masing Catherine Tannos (anak Paulus Tannos) dan Lina Rawung (istri Paulus Tannos).

Pencegahan ini biasa dilakukan karena penyidik KPK memerlukan keterangan yang bersangkutan untu kepentingan pemyelidikan dalam kasus perkara ini. 

Febri mengatakan “mereka dicegah bepergian ke luar negeri selama 6 bulan pertama” jelasnya di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Menurut Febri, tersangka Isnu dan Husni telah dicegah sejak 7 Agustus 2019. Sedangkan saksi atas nama Catherine Tannos dan Lina Rawung sudah dicegah sejak 19 Agustus 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00