• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Water Bombing Gempur Area Karhutla Muba, Jarak Pandang Pekanbaru Pekat

21 August
17:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih melanda 4 (empat) Provinsi, Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi, Riau, dan Kalimantan Barat. Upaya pemadaman terus dilakukan oleh petugas gabungan melalui tim darat, yang melebur jadi satu dalam Regu Pemadam Kebakaran (RPK) dan Tim Reaksi Cepat (TRC).

Sementara itu dari udara, Helikopter Super Puma milik Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Forestry melakukan "water bombing" di Muara Medak, Bayung Lencir, Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, Rabu (21/8/2019). 

Untuk pemadaman Karhutla, APP Sinar Mas Forestry menyiagakan sekaligus mengoperasikan 10 unit helikopter dan patroli udara.

Sementara untuk tim darat, total petugas gabungan mencapai 2.796 orang, yang tergabung dalam Regu Pemadam Kebakaran (RPK) dan Tim Reaksi Cepat (TRC).

Dari Sungai Siak, Pekanbaru, kabut tebal akibat dampak Karhutla tampak jelas, terlebih bagi kapal-kapal yang melintas. Kabut sempat menipis, akan tetapi karena ada titik-titik Karhutla yang belum padam serta munculnya hotspot baru, asap tebal kembali menyelimuti wilayah Sungai Siak dan Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (20/8/2019).

Kabut asap yang kembali muncul kali ini membawa aroma menyengat, dan berdasarkan data BMKG Pekanbaru pada pukul 07.00 WIB, jarak pandang hanya tembus lebih kurang 1,5 km.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00