• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jaga Perdamaian, Pemerintah dan TNI-Polri Libatkan Tokoh Papua

21 August
16:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah, termasuk TNI dan Polri terus berupaya untuk menjaga keamanan di Provinsi Papua dan Papua Barat dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat disana.

Kapendam XVII/ Cenderawasih, Letkol CPL Eko Daryatno mengatakan, saat ini, wilayah Papua sudah aman terkendali. Sekalipun diakuinya pagi hingga siang tadi, sempat ada aksi unjuk rasa di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Biak, Papua.

"Untuk rekan-rekan masyarakat seluruhnya dimanapun berada, khususnya untuk wilayah Provinsi Papua, kita sudah aman disini, sudah tidak ada aksi," ungkapnya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Rabu (21/8/2019).

Hal itu menurutnya tak lepas dari upaya pihak keamanan dan pemerintah setempat dalam mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat disana untuk berdialog. Hal itu ditekankannya sebagai pelaksanaan perintah dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang ingin dua provinsi paling timur Indonesia itu tetap damai.

"Kita komunikasikan dengan para Dandim dan tokoh-tokoh setempat, jangan sampai ada aksi lanjutan sebagaimana imbauan dari pemerintah. Cukup selesai kemarin, khususnya yang di Jayapura apalagi sudah normal, sudah damai, sudah tidak ada aksi-aksi," tekannya.

Perlu diketahui, kerusuhan yang terjadi di beberapa wilayah di Papua dan Papua Barat belum lama ini terjadi karena aksi sejumlah warga Surabaya Jawa Timur yang diduga melakukan pengusiran dan meneriakkan kata-kata bernada rasis. (Foto: Ant)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00