• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Taman Nasional Sebangau Berkomitmen Jadi Pusat Penelitian dan Ekowisata

21 August
15:22 2019
1 Votes (5)

KBRN, Palangka Raya: Taman Nasional Sebangau atau TSN berkomitmen untuk menjadi pusat unggulan penelitian dan pendidikan gambut dan ekowisata. Salah satu caranya adalah melibatkan masyarakat dan stakeholder lain baik NGO dan Pemerintah Provinsi dan Pemkab atau Pemko untuk dirangkul bersama.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Sebangau , Andi Muhamad Khadafi kepada RRI, Rabu (21/08/2019). Dijelaskan pria berkacamata ini, Taman Nasional Sebangau relative masih asli dan  alami dimana begitu banyak rahasia yang belum ditahui manfaatnya bagi manusia.

Sementara tujuan utama pihak pengelola adalah agar kaswasan ini memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. Sehingga pihak pengelola mencoba mendorong  masyarakat meddapat manfaat dari kunjungan wisatawan.

Selain juga disediakan wahana riset dan penelitian sehingga tanaman yang berada di lokasi ini juga bisa dikaji untuk dikembangkan menjadi obat atau ramuan berkhasiat.

Sejauh ini Taman Nasional Sebangau mencoba untuk memperkenalkan upaya pelestarian hutan kepada generasi milenial untuk ikut peduli. 

“Kalangan pemuda ikut dilibatkan untuk nantinya ikut dalam upaya dan kampanye pelestarian hutan”, jelasnya.

Lebih jauh, Andi juga berharap potensi yang ada di kawasan Taman Nasional Sebangau tidak hanya melulu menjadi potensi tapi menjadi kenyataan yang kongkret yang dapat dirasakan bersama. Saat ini kawasan berukuran 542.141 hektar ini, bersinergi dengan kalangan akademisi, peneliti dan sebagainya untuk mengekplorasi potensi yang ada untuk dikembangkan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00